visitaaponce.com

Perbedaan Cuaca, Jemaah Haji Aktif Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Perbedaan Cuaca, Jemaah Haji Aktif Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pemeriksaan kesehatan jemaah haji di Tanah Suci.(Dok. MI)

PEMERIKSAAN kesehatan untuk menjaga kondisi fisik selama ibadah haji di tanah suci menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh jemaah haji. Apalagi suhu udara di Arab Saudi sekarang sangat panas, mencapai 38 hingga 41 derajat celcius.

Pemeriksaan atau konsultasi kesehatan oleh petugas medis di setiap kloter diutamakan melayani para lansia dan mereka yang mempunyai riwayat sesuatu penyakit. Bila hasil diagnosa ada jemaah gangguan serius atau kambuh penyakit lama, tentu akan dirawat intensif di rumah sakit setempat.

Ketua rombongan haji kloter 4 asal Aceh, Gus Marwan, kepada Media Indonesia, Sabtu (8/6) mengatakan, agar lebih efektif pemeriksaan dilakukan dengan mendatangkan tim medis ke lokasi penginapan atau hotel tempat tinggal jemaah. Pemeriksaan ringan diantaranya adalah tensi darah, mendeteksi suhu badan dan alergi lainnya.

Baca juga : Jutaan Orang Tunaikan Ibadah Haji di Tengah Cuaca Panas Arab Saudi

"Insya Allah semuanya sehat, hanya saja sedikit kelelahan karena suhu udara tergolong panas. Karena itu harus rutin mengontrol kesehatan agar fisik jemaah tetap bugar untuk menunaikan rukun dan wajib haji" tutur Gus Marwan.

Adapun Pembimbing Ibadah Haji Kabupaten Pidie, Nur Ainun mengetakan, kehadiran kaum perempuan sebagai petugas dan pembimbing haji itu sesuatu yang sangat efektif untuk menangani para jemaah wanita. Pasalnya menangani kaum perempuan adalah sesuatu yang spesifik dan unik.

Apalagi jemaah perempuan harus ditangani secara khusus dan bersahaja. Karena itu jemaah perempuan tidak etis kalau mengadu dan melaporkan sesuatu kepada yg ang bukan kaumnya.

"Wanita itu kaum ibu dan paling mengetahui tentang keibuan. Kehadiran perempuan di tengah pelaksanaan ibadah haji merupakan kerinduan yang semestinya. Apalagi 60 persen jemaah haji itu adalah kaum perempuan dan sebagian dia tanya adalah para ibu lansia" tutur Nur Ainun.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat