visitaaponce.com

Dari Symphonesia Hingga Smusik, Ini Rangkaian Acara Hari Musik Nasional 2023

Dari Symphonesia Hingga Smusik, Ini Rangkaian Acara Hari Musik Nasional 2023
Hari Musik Nasional pada 9 Maret diambil dari momen kelahiran penggubah lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman.(Medcom.id)

PADA peringatan Hari Musik Nasional tahun ini, sederet acara dipersiapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Salah satunya dengan memperkenalkan lagu-lagu hasil program KILA kepada anak-anak Indonesia.

Kegiatan tersebut diwujudkan dalam bentuk pentas musik anak, yang akan berlangsung di Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan dengan menghadirkan para pemenang lomba menyanyi lagu anak program KILA tahun 2020 sampai 2022.

Sejak 2020, Program Kita Cinta Lagu Anak (KILA) telah menghasilkan 15 karya lagu anak dengan beragam tema yang berfokus pada pembentukan karakter, seperti karya lagu pemenang lomba pada KILA tahun 2022 yang membawa pesan toleransi dan antiperundungan.

Baca juga : Hari Musik Diambil dari Tanggal Lahir Wage Rudolf Soepratman, Seperti Apa Sosoknya?

Selain itu, bekerja sama dengan musisi Erwin Gutawa, Kemendikbudristek akan menyelenggarakan “Symphonesia Musik Indonesia: Lintas Era”, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada 9 Maret 2023.

Selanjutnya, akan ada Kegiatan Smusik Indonesia yang digelar di Gedung Stovia, Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat pada 12 Maret 2023.

Tidak ketinggalan, Konser Bersratus Kibordis Vokalis di Avenue of The Stars Lippo Mall Kemang, Jakarta pada 18 Maret 2023 mendatang.

Baca juga : Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka Jadi Ajang Unjuk Kebolehan Insan Vokasi

Ziarah Makam WR Soepratman

Tidak hanya di Jakarta, pada tahun ini semarak Hari Musik Nasional juga akan berlangsung meriah di Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan bertajuk Gelora Indonesia Raya digelar dengan serangkaian kegiatan lain seperti berziarah ke makam komponis lagu Indonesia Raya mendiang Wage Rudolf Soepratman, Parade Musik anak dan difabel.

Dilanjutkan dengan diskusi Musik Nusantara bertema “Musik Membangun Bangsa”, dan ditutup dengan Drama Musikal yang menampilkan beberapa musisi, komunitas, sanggar, serta tim paduan suara.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid berharap, seluruh rangkaian kegiatan mampu menggelorakan gairah bermusik maupun berkarya musik, serta mendukung dan memperkuat ekosistem musik nasional sehingga musik Indonesia lebih dikenal di kancah musik dunia.

Baca juga : Lagu Indonesia Raya: Sejarah, Lirik, Not, dan 3 Stanza

“Melalui momentum hari Musik Nasional, Kemendikbudristek mendorong berbagai inisiatif masyarakat dalam bermusik dan berekspresi sebagai salah satu bentuk pemajuan kebudayaan, serta meningkatkan apresiasi terhadap musik di Indonesia,” pungkas Hilmar. (Z-4)

 

Baca juga : Pemprov DKI Godok Rencana Pengelolaan Taman Ismail Marzuki menjadi BLUD

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat