visitaaponce.com

Pemprov DKI Godok Rencana Pengelolaan Taman Ismail Marzuki menjadi BLUD

Pemprov DKI Godok Rencana Pengelolaan Taman Ismail Marzuki menjadi BLUD
Taman Ismail Marzuki setelah revitalisasi.(Antara/M Risyal)

PEMPROV DKI Jakarta kembali mengkaji pengelolaan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta Pusat menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yang saat ini dikelola oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Total luas wilayah TIM diketahui mencapai 7,2 hektare, 5 hektare lainnya

Kepala Dinas Kebudayaan, Iwan Henry Wardhana mengatakan pihaknya sudah siap jika nantinya pengelolaan TIM yang sebelumnya dari Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (UP PKJ) berubah menjadi BLUD.

"Nanti ke depan tentunya ini masih transisi ya, mudah mudahan saja porgram program yang tadi disampaikan itu terus berjalan, tidak ada kekhawatiran buat kita untuk bisa berjalan," jelasnya usai rapat dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilmar Farid, Balaikota DKI Jakarta, Selasa (4/4).

Baca juga: Bulan Film Nasional Dibatalkan, PSI Minta Pemprov DKI Atur Wewenang JakPro dalam Mengelola TIM

Iwan mengatakan, pengelolaan TIM merupakan investasi kebudayaan yang tidak sebanding dengan keuntungan secara bisnis. Sesuai arahan Heru dan Hilmar, saat ini pihaknya tengah mengkaji ulang akan hal itu.

"Kami dari pemprov khususnya disbud sedang mengkaji ulang termasuk dengan BP BUMD juga ditugaskan untuk mengkaji kembali mana yang lebih baik dari sisi tata kelola ke depan, sesuai prinsip prinsip menjaga integritas, arahannya begitu."

Baca juga : Planetarium belum Beroperasi, Jakpro: Star Ball Perlu Diganti

Ia mengatakan, saat ini baru UP PKJ Tim yang sudah bertransformasi menjadi BLUD. Sedangkan, untuk kawasan seluas 5 hektare di TIM masih dikelola oleh Jakpro.

Adapun hasil kajian akan diumumkan dalam waktu dekat. Nantinya, hasil kajian ini menjadi pertimbangan apakah TIM sepenuhnya menjadi BLUD.

"Tergantung dari hasil kajian yang ditargetkan oleh pak sekda kemarin pada rapat, rencanya mungkin minggu depan sudah selesai, dari BP BUMD yang ditugaskan," jelasnya.

Tahun lalu, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan tidak ada komersialisasi di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta untuk mendukung kemajuan seni budaya.

Adapun untuk tahun ini, Heru berencana mengubah pengelolaan TIM sepenuhnya menjadi BLUD. Heru menggandeng Dirjen Kemendikbudristek untuk pengkajian lebih dalam pengelolaan ke depannya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat