visitaaponce.com

Yuk, Menghafal Doa Nabi Yunus, Dibaca ketika dalam Kesulitan

DALAM Alquan, kisah Nabi Yunus diceritakan dalam surat Al Anbiya ayat 87. Nabi Yunus diceritakan sempat ditelan ikan besar hingga harus berada dalam kegelapan. 

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Arab latin: Wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira 'alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."

Baca juga : Doa agar Hujan Berhenti sesuai Sunah Rasul

Tertulis bahwa, Nabi Yunus melarikan diri dari kewajiban berdakwahnya. Dalam pelarian tersebut, Ia sampai di tepi dermaga dengan sebuah kapal yang siap berlayar. Nabi Yunus memutuskan ikut dalam pelayaran, meskipun kapal sudah sesak dengan penumpang dan juga muatan.

Saat berada di tengah laut, terdapat ombak besar sehingga nahkoda dan penumpang akhirnya memutuskan untuk membuang seorang penumpang agar kapal bisa berlayar dengan selamat. Mereka pun mengundi siapa yang akan terjun ke lautan lalu,namun beberapa kali proses pengundian, Nabi Yunus lah yang terpilih. Saat dilempar ke laut, beliau dimakan ikan paus.

Baca juga : Doa ketika Mimpi Buruk

Namun, Nabi Yunus tidak wafat dan tetap hidup di dalam perut ikan paus. Di sinilah Nabi Yunus menyadari kesalahannya dan memohon doa pengampunan kepada Allah SWT.

Doa Nabi Yunus

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Innii Kuntu Minadz Dzholimiin“

Artinya : “Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang dzholim“

Keutamaan Doa Nabi Yunus

  1. Memuji Allah
  2. Dikeluarkan dari kesulitan
  3. Mendapat ampunan dari Allah
  4. Hajat dan permintaan dikabulkan Allah

Para ulama membaca doa nabi Yunus 40 kali selesai sholat subuh. Ada pula yang membaca doa Nabi Yunus setiap jari sebanyak 1.000 kali untuk permohonan dalam pengampunan dosa.

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat