visitaaponce.com

Mengenal Aspek Geografis Pulau Sulawesi, Karakteristik, dan Bentang Alamnya

Mengenal Aspek Geografis Pulau Sulawesi, Karakteristik, dan Bentang Alamnya
Peta Pulau Sulawesi(Dok. tataruang.id)

Pulau Sulawesi merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar. Sulawesi juga pulau terbesar kesebelas di dunia. Secara geografis, Sulawesi terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina.

Di Indonesia, hanya Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya dari Sulasewi. Hanya Pulau Jawa dan Sumatera yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi.

Selain itu, apa saja aspek-sapek terkait geografis dan bentang alam Pulau Sulawesi?

Nah, untuk mendapatkan jawabannya, yuk disimak penjelasan di bawah ini.

1. Letak Astronomis Pulau Sulawesi

Pulau yang berbentuk bagaikan huruf K ini terletak di 2°08' Lintang Utara (LU) dan 170° 17' Bujur Timur (BT). Sama seperti letak astronomis Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera, letak astronomis tiga per empat Pulau Sulawesi juga dilewati oleh garis khatulistiwa atau garis 0 derajat.

Baca juga: Destinasi Wisata Religi di Indonesia

2. Letak Geografis pulau sulawesi

Letak geografis adalah letak suatu daerah berdasarkan posisinya dimuka bumi yang biasanya dibatasi dengan berbagai kenampakan alam atau daerah. Letak geografis Pulau Sulawesi meliputi beberapa batas laut dan batas daratnya. Batas laut Pulau Sulawesi meliputi:

- Sebelah utara : Laut Flores

- Sebelah Selatan: Laut Sulawesi

- Sebelah Timur: Laut Banda

- Sebelah Barat: Selat Makasar

Sementara itu, batas darat Pulau Sulawesi meliputi:

- Sebelah utara: Negara Filipina

- Sebelah selatan:Kepulauan Nusa Tenggara

- Sebelah timur: Kepulauan Maluku

- Sebelah barat: Pulau Kalimantan

Baca juga: Etnosentrisme Adalah: Pengertian, Fungsi, Dampak, dan Contoh

3. Luas Pulau Sulawesi

Luas wilayah Pulau Sulawesi diperkirakan mencapai 174.600 kilometer persegi. Hal ini menempatkan Pulau Sulawesi pada urutan ke-4 pulau terluas di Indonesia.

4. Keadaan Alam Pulau Sulawesi

Daratan Pulau Sulawesi banyak dihuni oleh gunung-gunung berapi yang aktif. Gunung Rantemario (3.440 mdpl) di sebelah utara Sulawesi Selatan merupakan puncak tertinggi di Pulau Sulawesi. Keempat semenanjung di Sulawesi bahkan masing-masing memiliki gunung yang lebih tinggi dari 2.500 mdpl.

Tercatat ada belasan gunung api di Pulau Sulawesi. Di semenanjung utara yang memiliki morfologi berkelok, berdiri Gunung Lokon, Gunung Kelabat, dan Gunung Soputan. Area ini juga dilintasi patahan Palu dan patahan Gorontalo yang aktif. Saat ini wilayah semenanjung utara masuk provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Kemudian, semenanjung timur yang masuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah memiliki daratan dengan dominasi batuan gabro dan malihan. Wilayah ini memiliki sejumlah sungai sempit dan pendek, serta banyak kawasan perbukitan maupun pegunungan.

Sementara itu, di semenanjung tenggara (masuk provinsi Sulawesi Tenggara) tidak ada gunung api. Kawasan ini punya daerah aliran sungai (DAS) yang memanjang dan dataran luas. Daratan dengan dominasi pegunungan kembali terlihat begitu memasuki semenanjung selatan (masuk provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat).

Di semenanjung selatan, ada Gunung Lompobatang dengan tinggi 2.871 mdpl. Batuan andesit di kawasan ini cukup dominan, sedangkan tanahnya terbilang subur dengan sungai-sungai yang relatif pendek. Bentuk topografi ini menyebabkan dataran rendah di Sulawesi terbatas, umumnya hanya tersebar di sepanjang garis pantai.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat