visitaaponce.com

Destinasi Wisata Religi di Indonesia

Destinasi Wisata Religi di Indonesia
Suasana Patung Yesus Memberkati di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/8/2022).(Antara/Arnas Padda.)

APAKAH kamu suka berwisata tetapi masih binggung? Bagaimana kalau berwisata ke destinasi wisata religi? Sekilas, wisata religi merupakan salah satu jenis wisata yang berkaitan erat dengan aktivitas ataupun tempat khusus yang berhubungan dengan aspek religi keagamaan. Wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama tertentu.

Nah, di Indonesia terdapat banyak sekali wisata destinasi religi. Berikut tempat wisata yang direkomedasikan untukmu.

Wisata Religi Sunan Ampel, Surabaya 

Makam Sunan Ampel selalu ramai oleh peziarah. Tak hanya warga Surabaya, peziarah juga datang dari luar kota. Mereka datang untuk mendoakan sang wali.

Makam Sunan Ampel berada di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir. Di sebelah makam Sunan Ampel ada makam istri pertamanya yaitu Dewi Condrowati atau Nyai Ageng Manila.

Tak hanya berziarah ke makam, pengunjung juga dapat melihat kampung arab yang tak jauh dari makam. Kampung ini juga ikonik di Surabaya.

Baca juga: Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta, Keadaan Alamnya

Di sana banyak penjual baju gamis, kurma, roti maryam, hingga air zam-zam. Pernak-pernik lain juga bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.

Wisata Religi Patung Tuhan Yesus Memberkati, Toraja

Selain di Brasil yang memiliki Crisht The Redeemer di Indonesja juga punya lo. Tepatnya, di Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tanah Toraja, Sulawesi Selatan, ada patung yang serupa dan diberi nama Patung Tuhan Yesus Memberkati. 

Objek wisata religi ini  berjarak 4 km dari pusat kota Makale. Patung itu sudah dibangun sejak 2015. 

Pemerintah setempat membangun wisata ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Meski terlihat khusus bagi umat Nasrani, tetapi tempat ini terbuka untuk umum. 

Wisata Religi Masjid Istiqlal, Jakarta

Wisata religi yang ketiga ini merupakan masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Masjid Istiqlal berada di Ibu kota Jakarta.

Keunikan sejarah Masjid Istiqlal terletak dari kisah arsitek yang membangun Istiqlal. Merujuk situs resminya, Masjid Istiqlal dibangun oleh seorang non-Muslim bernama Frederich Silaban.

Pembangunan Masjid Istiqlal diprakarsai oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh. Hatta. Sempat terjadi perselisihan lokasi pilihan Soekarno dan Moh. Hatta.

Namun, pada akhirnya Masjid Istiqlal dibangun di lokasi pilihan Bung Karno, yakni lahan bekas benteng Belanda Frederick Hendrik.

Wisata Religi Masjid Cheng Ho, Surabaya

Nama Cheng Ho diambil dari nama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam. Laksamana Cheng Ho disebut turut berperan dalam penyebaran Islam di Indonesia.

Meski banyak nama Masjid Cheng Ho tersebar di berbagai wilayah di tanah Jawa, yang ada di Surabaya disebut sebagai Masjid Cheng Ho pertama dan orisinal.

Walau tidak seluas dan sebesar Istiqlal dan Kubah Mas, Masjid Cheng Ho memiliki keunikan tersendiri, yakni bangunan yang kental dengan nuansa arsitektur Tiongkok.

Wisata Religi Goa Maria Sendangsono, Yogyakarta

Tempat wisata kelima merupakan wisata religi umat Katolik yang sangat populer. Tempat ini awalnya merupakan tempat istirahat bagi yang akan menuju Borobudur, karena terdapat sumber mata air atau sendang di antara dua pohon sono, merujuk visiting Jogja. 

Dikenalnya Goa Maria Sendangsono tidak lepas dari peran besar Romo Van Lith SJ dan Romo JB Prennthaler SJ pada 8 Desember 1929. Sementara pengembangan kompleks wisata religi Sendangsono diberi sentuhan etnik Jawa dan dibangun dengan memanfaatkan hasil alam oleh Romo Mangunwijaya.

Wisata Religi Pura Agung Giri Natha, Semarang 

Lokasi Pura Agung Giri Natha berada di Jalan Sumbing, Kota Semarang. Pura ini digunakan beribadah untuk umat Hindu. 

Wisatawan dapat mengunjungi kawasan tengah pura. Area pura terdiri dari 3 bagian yaitu Nistha Mandala, Madya Mandala, dan utama Mandala.

Ketiga area ini memiliki fungsi yang berbeda. Selain pura, pengunjung dapat menikmati kesenian dan membeli suvenir.

Wisata Religi Klenteng Tay Kak Sie, Semarang

Masih di kota Semarang, Klenteng Tay Kak Sie berada di kawasan pecinan terbesar di Semarang, Jawa Tengah. Terdapat replika perahu Laksamana Zheng He di lokasi klenteng ini. Klenteng Tay Kak Sie memiliki ornamen dan simbol yang berkaitan dengan agama Budha, Tao, dan Konfusianisme. 

Bagian atap klenteng berhiaskan sepasang naga yang memperebutkan matahari. Pengunjung dapat menikmati bangunan dan upacara keagamaan di hari tertentu.

Wisata Religi Maha Vihara Mojopahit, Jawa Timur

Wisata religi Jawa Timur untuk umat Buddha adalah Maha Vihara Mojopahit. Masjid ini berada di Mojokerto, Jawa Timur.

Luas bangunan sekitar 20.000 meter persegi. Maha Vihara Mojopahit menggunakan arsitektur bergaya Jawa. Selain itu wisatawan dapat melihat Patung Budha Tidur besar di lokasi wisata.

Wisata Religi Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot menjadi daya magis Bali. Pura Tanah Lot berada di atas batu karang yang berada di lepas pantai. Di sinilah keunikan tempat wisata religi di Indonesia ini. Pura hanya bisa dikunjungi saat air laut surut.

Saat air pasang, jalan setapak akan tertutup air laut. Daya tarik lain dari Pura Tanah Lot adalah pemandangan matahari terbenam dengan keunikan yang hanya ada di Pura Tanah Lot. Untuk diingat, terjangan ombak di Tanah Lot sangat kuat, sehingga tidak disarankan untuk berenang.

Wisata Religi Pura Agung Besakih, Bali

Bali memiliki banyak pura yang tersohor di dunia, termasuk Pura Agung Besakih yang berada di Karangasem. Pura Agung Besakih merupakan pura terbesar di Pulau Dewata dan lokasinya berdekatan dengan pura indah lain serta dekat dengan Gunung Agung. Pura Agung Besakih biasanya selalu menjadi tujuan wisata religi saat berkunjung ke Bali.

Wisata Religi Pura Uluwatu, Bali  

Jika Pura Agung Besakih berada di atas ketinggian, lain hal dengan Pura Uluwatu yang berada di tebing pesisir. Pura Uluwatu dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Umat Hindu meyakini Pura Uluwatu sebagai penyangga sembilan arah mata angin. 

Di pura ini juga, terdapat atraksi kecak legendaris yang sangat tersohor dan digemari oleh wisatawan mancanegara dan lokal. Selain itu, dari Pura Uluwatu Anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam di Bali, salah satu sunset terindah yang pernah ada.

Wisata Religi Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban

Kelenteng Kwan Sing Bio merupakan tempat ibadah kepercayaan tridarma. Tiga ajaran agama tersebut ialah Kong Hu Chu, Tao, dan Buddha.

Kelenteng Kwan Sing Bio diperkirakan dibangun pada abad ke-7. Namun keindahannya masih sangat terjaga dengan pemandangan langsung laut utara Jawa.

Salah satu keunikan tempat wisata religi di Indonesia ialah kepiting raksasa yang ada di pintu gerbang. Simbol ini lain dari bangunan kelenteng pada umumnya yang menggunakan naga atau burung merak.

Wisata Masjid Menara Kudus

Hampir semua umat muslim mengetahui bangunan ikonik ini. Masjid Menara Kudus merupakan salah satu situs bersejarah yang telah berdiri sejak 1549.

Dilihat dari arsitekturnya, bangunan ini merupakan akulturasi budaya Islam dan Hindu di masa lalu. Selain itu, masjid ini terletak satu kompleks dengan makam Sunan Kudus, salah satu penyebar agam Islam terkemuka di Indonesia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat