visitaaponce.com

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta, Keadaan Alamnya

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta, Keadaan Alamnya
Pulau Jawa.(Antara/Yulius Satria Wijaya.)

PULAU Jawa merupakan salah satu bagian dari daerah Indonesia. Pulau Jawa dapat dibagi secara astronomis dan geografis untuk menentukan wilayah serta hal yang berhubungan dengan itu. Berikut penjelasan mengenai letak Pulau Jawa.

Letak astronomi Pulau Jawa

Letak astronomis ialah posisi suatu wilayah berdasarkan pada koordinat lokasinya. Koordinat ini dapat ditentukan dengan titik yang disusun pada garis vertikal dan garis horizontal yang memiliki istilah garis lintang dan garis bujur. 

Karena itu, secara astronomis, Pulau Jawa terletak di antara 7*50’10” - 7*56’41” Lintang Selatan (LS) dan 113*48’10” - 113*48’26” Bujur Timur (BT).

Letak geografis Pulau Jawa

Letak geografis suatu daerah ditentukan berdasarkan posisi dari wilayah tersebut di muka bumi. Letak geografis Pulau Jawa dapat dirunut seperti berikut.

Baca juga: 10 Contoh Lagu Daerah Jawa Tengah dan Liriknya

Batas laut Pulau Jawa meliputi:

- Bagian selatan dibatasi oleh Samudra Hindia.
- Bagian utara dibatasi oleh Laut Jawa.
- Bagian barat dibatasi oleh Selat Sunda.
- Bagian timur dibatasi oleh selat Bali.

Batas darat Pulau Jawa:

- Sebelah utara dibatasi oleh Pulau Kalimantan.
- Sebelah selatan dibatasi oleh Kepulauan Cocos.
- Sebelah timur dibatasi oleh Pulau Bali.
- Sebelah barat dibatasi oleh Pulau Sumatra.

Luas dan kepadatan penduduk Pulau Jawa

Pulau Jawa memiliki luas 128.297 km yang terbagi dalam enam provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Pada 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa di Pulau Jawa terdapat 151,6 juta penduduk. Jumlah tersebut meliputi 56,10% penduduk yang ada di Indonesia. 

Baca juga: Yuk Mengenal Sejarah Berdirinya Kerajaan Sriwijaya

Bahkan beberapa negara seperti Jepang, Meksiko, Filipina, Mesir, Vietnam, Jerman, Iran, Thailand, Inggris, Prancis, Italia, dan Korea Selatan, memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dibanding Pulau Jawa.

Keadaan alam Pulau Jawa

Pulau Jawa pada umumnya memiliki keadaan alam yang beragam. Hal ini disebabkan oleh geografis Pulau Jawa. Banyak dataran tinggi di Pulau Jawa seperti Cianjur, Puncak, Tengger, hingga dataran Dieng di Jawa Tengah. Namun, tidak banyak juga dataran rendah seperti Surakarta, Semarang, Madiun, Cirebon, bahkan DKI Jakarta.

Selain itu, Pulau Jawa dikelilingi oleh gunung dan juga pantai, beberapa gunung seperti Gunung Ciremai, Cikuray, Papandayan, Sindoro, Semeru, Lawu, Merbabu, Slamet, dan Sumbing, menjadi bagian Pulau Jawa. Tak ketinggalan pantai seperti Pantai Pangandaran, Karimun Jawa, Ujung Genteng, Sayang Heulang, Pulau Merah, Carita, Tanjung Lesung, Anyer, dan Parangkritis, juga menjadi pantai yang ada di Pesisir Jawa. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat