visitaaponce.com

Desa Onje Dikukuhkan Sebagai Desa Wisata Religi di Purbalingga

Desa Onje Dikukuhkan Sebagai Desa Wisata Religi di Purbalingga
Desa Onje mengkukuhkan diri sebagai dewa wisata religi yang memiliki berbagai objek religi dan budaya.(MI/Liliek Dharmawan)

DESA Onje di Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) mengukuhkan dirinya sebagai desa wisata religi. Pasalnya, di kawasan ini terdapat beragai objek wisata religi, salah satunya masjid Sayyid dan makam Adipati Onje. 

Kepala Desa Onje Kecamatan Mrebet, Mugi Ari Purwono mengatakan, wisata religi di Desa tersebut makin menjadi pilihan setelah mendapat perhatian dari Pemkab Purbalingga.

"Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Bupati karena beberapa waktu lalu mendapatkan hibah Rp10 juta untuk lebih menguatkan wisata religi Onje," katanya.

Baca juga : 11 Pakaian Adat Jawa Tengah Sebagai Representasi Budaya Jawa

Setelah mendapatkan bantuan, Mugi mengaku mengalami peningkatan wisatawan. Bantuan Pemkab itu digunakan untuk meningkatkan fasilitas agar wisatawan nyaman saat berkunjung. 

Tak hanya dana hibah, di tahun 2021, Onje juga mendapatkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp100 juta. Kepala Desa Onje mengaku banyak wisatawan bahkan dari luar Purbalingga yang datang ingin berziarah ke beberapa tempat di Onje.

"Di beberapa tempat, banyak dikunjungi oleh peziarah dari luar daerah. Makam Adipati Onje, Masjid Sayyid Kuning itu menjadi ikon wisata di Onje," ujarnya.

Sebagai informasi, Onje merupakan Kadipaten atau pusat pemerintahan di masa lalu. Onje juga dikenal karena keunikannya yang lain seperti komunitas Aboge (Alip Rebo Wage) yang hingga sekarang masih exist. Ada festival menarik yaitu grebeg Onje yang diadakan setiap bulan Sya'ban dan sebelum adanya Pandemi, grebeg Onje bahkan menjadi agenda rutinan di Kabupaten Purbalingga.

"Kami harap wisata lain juga akan mengikuti geliatnya sehingga dampaknya akan semakin meluas," tambahnya. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat