visitaaponce.com

Sebanyak 8.000 Jemaah Calon Haji akan Berangkat dari Bandara Kertajati

Sebanyak 8.000 Jemaah Calon Haji akan Berangkat dari Bandara Kertajati
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi(MI/Agung Sastro)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, siap melayani penerbangan haji 2023.
Kepastian itu ia sampaikan saat meninjau kondisi bandara tersebut, pada Minggu (19/3).

"Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7.000 sampai dengan 8.000 jemaah haji yang berangkat dari sini,” ujar Budi melalui keterangan resmi, Senin (20/3).

Baca juga: GACA Saudi Setujui Penggunaan Bandara Kertajati di Musim Haji 1444 H

Ia mengatakan, sebanyak 8.000 jemaah yang akan berangkat dari Bandara Kertajati adalah yang berasal dari tujuh kabupaten/kota terdekat, yaitu Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang. Para calon haji itu akan diberangkatkan Juni mendatang.

Sebanyak 23 penerbangan yang membawa jemaah calon haji dari Bandara Kertajati juga sudah dikonfirmasi Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) of Saudi Arabia. Itu disampaikan melalui surat kepada Kemenhub melalui Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah.

Baca juga: Menhub Imbau Pemudik Manfaatkan Mudik Gratis 2023 Ketimbang Naik Motor

Selain untuk haji, Budi juga menyampaikan ketersediaan slot penerbangan di Bandara Kertajati masih sangat banyak. Itu bisa dimanfaatkan untuk melayani penerbangan umrah pada masa lebaran tahun ini.

"Sepuluh hari menjelang lebaran biasanya banyak jemaah yang ingin berangkat umrah. Di Bandara Kertajati ini slotnya unlimited, jadi bisa kita terima berapa pun," ucapnya.

Pihak pengelola bandara, baik Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di sisi darat, maupun Angkasa Pura II di sisi udara, menyatakan segala fasilitas di sisi darat dan udara telah siap sesuai dengan yang disyaratkan Kementerian Agama dan Pemerintah Arab Saudi.

Sejumlah fasilitas yang disiapkan, yakni area parkir pesawat yang mampu menampung hingga 22 pesawat, area terminal penumpang, parkir kendaraan, tempat ibadah, ruang penyimpanan barang berharga, AC, CCTV, stok bahan bakar, dan fasilitas lainnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat