visitaaponce.com

Segera Booster Kedua Covid-19 Sebelum Mudik

Segera Booster Kedua Covid-19 Sebelum Mudik
Ilustrasi(MI/Susanto)

MENJELANG mudik lebaran 1444 Hijriah, vaksinasi booster kedua dianjurkan untuk memproteksi diri sendiri dan memberikan kekebalan kelompok. Dengan begitu, tidak terjadi penularan antar daerah dan tidak terjadi lonjakan kasus covid-19 setelah lebaran.

"Kalau menurut saya meskipun udah tidak PCR lagi paling aman vaksin lagi," kata Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Hindra Irawan Satari, Sp.A(K) di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (27/3).

Pada tahun ini Kementerian Perhubungan memperkirakan terjadi kenaikan angka pemudik yang mencapai 123 juta orang yang akan mudik. Lonjakan pemudik tersebut harus diimbangi dengan proteksi pada diri dan kelompok.

Baca juga : KAI Gratiskan Tarif Angkut Motor Saat Mudik Lebaran

Dengan imunisasi kelompok maka bisa melindungi lingkungan sekitar dan melindungi lintas kelompok yang tidak bisa atau belum vaksin covid-19. Menurut Hindra vaksin covid-19 bisa disegerakan dengan mendaftarkan diri di puskesmas terdekat dan segera dilakukan sehingga tidak ada penundaan.

"Vaksin yang paling aman yang ada di puskesmas kalau ada KIPI paling batuk atau pilek doang gak sampai masuk ICU, gak sampai sesek jadi vaksin, jadi kalau mudik vaksin dulu," ujarnya.

Baca juga : Kemenpan-Rebiro Manut Cuti Bersama Lebaran Dimajukan

Pada libur tahun lalu lonjakan kasus covid-19 sampai 2 ribu kasus per hari karena terdeteksi klaster libur lebaran dan munculnya varian omikron baru yakni subvarian BA.4 dan BA.5. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat