visitaaponce.com

Ajang Prestisius IHRS 2023 Kembali Diadakan pada 19-20 Juni di Bali

Ajang Prestisius IHRS 2023 Kembali Diadakan pada 19-20 Juni di Bali
Indonesia Human Resource Summit (IHRS) 2023 akan kembali digelar pada 19-20 Juni di Bali Nusa Dua Convention Center.(Ist)

PERTEMUAN prestisius praktisi sumber daya manusia (SDM) yaitu Indonesia Human Resource Summit (IHRS) 2023 akan kembali digelar pada 19-20 Juni di Bali Nusa Dua Convention Center.

Tema IHRS 2023 dengan mengusung tema ‘Redefining Human Capital: Inspiring People to Take Action’ (Mendefinisikan Kembali Sumber Daya Manusia: Menginspirasi Untuk Mengambil Tindakan).

Hal tersebut juga sejalan dengan fokus dari Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menitikberatkan peningkatan kualitas SDM sebagai program prioritas Kabinet Indonesia Maju, setelah sebelumnya infrastruktur menjadi prioritas yang utama. 

Baca juga: Pembangunan Modal Manusia Jadi Tantangan Fundamental Indonesia

Untuk meningkatkan kualitas SDM, maka diperlukan aksi (tindakan nyata) untuk memformulasikan mengenai langkah dan upaya yang harus dilakukan.

Tingkatkan Kualitas SDM Secara Individual dan Institusional

IHRS 2023 yang akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center, pada 19-20 Juni 2023, merupakan forum penting bagi praktisi sumber daya agar dapat menciptakan, membuat dan memformulasikan langkah dan upaya yang bisa dilakukan guna meningkatkan kualitas SDM, baik secara individual maupun institusional.

Dalam perhelatan ini,  perubahan pola pikir (mindset) dan penerapan sikap serta karakter Bold, Integrity, dan Great (B.I.G) akan menjadi fokus utama pembahasan.

Setiap SDM wajib memiliki sikap dan karakter tersebut untuk maju serta memberikan dampak yang signifikan terhadap keberhasilan perusahaan. 

TIngkatkan SDM dan Mindset

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengungkapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia diperlukan perubahan dalam pola pikir (mindset).

“Kita perlu merubah pola pikir agar maju dan segera keluar dari zona nyaman,” kata Dwi, beberapa waktu lalu.

IHRS 2023 merupakan ajang pertemuan yang sangat tepat untuk membahas dan menerapkan karakter serta sikap B.I.G guna mendorong setiap individu, perusahaan dan bangsa menjadi jauh lebih maju. 

Baca juga: Akselerasi Pembangunan SDM Harus Segera Dilakukan untuk Jawab Transformasi Global

Karakter serta sikap Bold dalam perspektif sumber daya manusia cenderung mengacu pada konsep berani mengambil risiko dan menerapkan ide-ide inovatif dalam suatu organisasi.  

Yang termasuk dalam perspektif ini adalah pelibatan pembangunan budaya kepemimpinan, rasa berani dalam  bekerja, dan pemberdayaan karyawan untuk berbicara serta mengambil tindakan. 

Integrity (Integritas) mengacu pada sikap jujur, menjunjung etika, dapat dipercaya dalam mengambil tindakan dan berani mengambil keputusan. Integritas dianggap sebagai nilai inti yang memadukan perilaku dan budaya organisasi. 

Sedangkan Great, mengandung makna peralihan dari baik hingga menjadi hebat, bagaimana menjadi manusia-manusia yang hebat dan mampu untuk memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan dan bangsa.

Adaptif terhadap Teknologi Mutakhir

Hebat bukan saja dalam skill, namun juga memiliki pengetahuan yang luas serta adaptif terhadap teknologi mutakhir (digital friendly). 

Penerapan teknologi digital adalah hal yang tidak dapat dihindari, saat ini beragam kegiatan dapat dilakukan melalui telepon genggam seperti bersosialisasi, melakukan transaksi perbankan, membeli dan menjual sesuatu bisa dilakukan hanya melalui ponsel. 

Baca juga: Dukung Industri Fesyen Muslim, Kemnaker Fokus Tingkatkan Kompetensi SDM

Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM juga perlu difokuskan dalam memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai teknologi yang berwawasan lingkungan.

Penguasaan teknologi menjadi kunci untuk memberikan nilai tambah terhadap proses-proses yang selama ini dilakukan di perusahaan atau instansi. Digitalisasi dan penggunaan Artificial Intelligence (AI) adalah suatu keharusan.

Seluruh sektor dan bidang usaha dapat mengikuti kegiatan ini mulai dari minyak dan gas, perbankan, manufaktur, otomotif, jasa, keuangan dan beragam sektor lainnya sangat diharapkan dapat berpartisipasi, mengingat hasil dari pertemuan ini akan dijadikan sebagai acuan dan patokan untuk menghadapi masa mendatang yang kompleks. 

Beberapa Sesi Pertemuan

IHRS 2023 akan dibagi dalam beberapa sesi pertemuan yang memudahkan peserta untuk berinteraksi dan saling berbagi ide untuk kemudian disajikan dan diimplementasikan dalam lingkup tugas masing-masing.

Baca juga: Pendidikan Budi Pekerti Penting dalam Pembangunan SDM Nasional 

Sedikitnya 1000 orang peserta akan menghadiri kegiatan ini yang berasal dari beragam bidang kerja dan industri, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam perhelatan kali ini, peserta yang terpilih berhak mempresentasikan hasil studi dan pemikirannya di depan peserta lainnya, pejabat, dan pembicara asing dalam forum ini.

Informasi dan pendaftaran dapat melalui [email protected] dan [email protected]. (RO/S-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat