visitaaponce.com

Kemenkop UKM Terus Tingkatkan Kapasitas Pelaku Usaha Mikro

Kemenkop UKM Terus Tingkatkan Kapasitas Pelaku Usaha Mikro
Ilustrasi(Antara)

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) terus berupaya meningkatkan kapasitas usaha dan sumber daya manusia (SDM) dari para pelaku usaha mikro di Tanah Air. Salah satunya ialah melalui program pengembangan kapasitas e-Learning yang menjadi bagian dari Program Mikro Mandiri.

Program tersebut juga menjadi solusi untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan jejaring bisnis dari pelaku usaha mikro.

"Kami membuat tema kegiatan ini dengan nama E-Learning Akademi Mikro Mandiri yang diintegrasikan dalam media pembelajaran reguler berbasis Learning Management System (LMS) dan dapat diakses melalui platform edukukm pada laman akademi.mikromandiri.id," kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM melalui keterangan tertulis, Selasa (2/7).

Baca juga : AI Menghadirkan Tantangan dalam Mempersiapkan SDM Berkualitas

Program pengembangan kapasitas SDM bagi usaha mikro berbasis e-Learning ini disambut antusias oleh pelaku usaha. Dari catatan, terdapat sekitar 1.500 lebih pelaku usaha mikro yang telah mendaftar mengikuti kegiatan itu dengan metode LMS sesuai topik yang ditawarkan.

"Saya percaya bahwa pelaku usaha mikro yang sudah mendaftar punya komitmen tinggi untuk mengikuti kegiatan ini sampai akhir dan proaktif setelah kegiatan," ucapnya.

Para pelaku usaha mikro, sambung Yulius, perlu terus meningkatkan kapasitas usaha dan SDM-nya agar bisa naik kelas. Ia juga mengingatkan bahwa di tengah tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0, kedua hal tersebut menuntut pelaku usaha mikro untuk terus melakukan perubahan besar dalam berbagai bidang termasuk dalam pemanfaatan teknologi.

Kemenkop UKM juga senantiasa berupaya mendorong para pelaku UMKM terhubung dengan ekosistem digital melalui berbagai dukungan program seperti pendampingan NIB, bimtek e-commerce, literasi keuangan mikro melalui LAMIKRO, ataupun pemasaran online (PaDI UMKM, e-katalog).

"UMKM merupakan salah satu sektor yang penting di era society 5.0. Era ini akan membawa banyak manfaat bagi pelaku usaha khususnya pelaku usaha mikro yang harus berpikir keras agar bisa terus bertahan dan meningkatkan potensi ekonominya," terang Yulius. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat