visitaaponce.com

AI Menghadirkan Tantangan dalam Mempersiapkan SDM Berkualitas

AI Menghadirkan Tantangan dalam Mempersiapkan SDM Berkualitas
Pemanfaatan AI dalam dunia kerja memberikan manfaat dalam peningkatan SDM(Dok. Kemnaker)

SEKRETARIS Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menyatakan bahwa perkembangan pesat Artificial Intelligence (AI) membawa banyak manfaat, terutama di sektor pekerjaan.

Namun, di sisi lain, teknologi AI juga menghadirkan tantangan dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas agar mampu cepat beradaptasi dengan perkembangan tersebut.

"Persiapan SDM yang unggul sangat diperlukan untuk menghadapi perkembangan teknologi AI," ujar Sekjen Anwar Sanusi saat berbicara di forum yang diadakan oleh ILO dengan tema Artificial Intelligence and Indonesia Labour Markets di Jakarta, Kamis (20/6).

Baca juga : Pada Ajang CES 2024 di Las Vegas, LG Hadirkan Produk Inovasi Teranyar

Anwar menjelaskan bahwa teknologi AI membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan efektivitas, produktivitas, dan efisiensi operasional. Berbagai aspek operasional perusahaan, seperti pengadaan, logistik, dan pergudangan, dapat dijalankan lebih optimal dengan teknologi AI.

"Proses-proses rutin, sederhana, dan berisiko rendah dapat ditingkatkan kualitasnya melalui penerapan teknologi ini," kata Anwar.

Anwar percaya bahwa meskipun teknologi AI membawa risiko dan mengancam beberapa jenis pekerjaan, teknologi ini juga menawarkan peluang besar untuk menciptakan jenis pekerjaan baru, meningkatkan efisiensi, dan mendorong inovasi di berbagai sektor.

"Dengan perencanaan yang matang, pendidikan yang tepat, dan kemampuan adaptasi yang baik, ancaman yang dihadirkan oleh teknologi AI bisa diatasi dan bahkan diubah menjadi peluang untuk perkembangan karier dan perekonomian," jelasnya. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat