visitaaponce.com

Kolaborasi Teknologi Cloud Perluas Pasar Asuransi

Kolaborasi Teknologi Cloud Perluas Pasar Asuransi
Platform cloud digital FWD Group mencakup analitik, manajemen basis data, dan AI untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan pengembangan.(Dok FWD)

TEKNOLOGI cloud dan Artificial Intelligence (AI) memberikan kontribusi besar bagi perusahaan di industri keuangan dan asuransi menuntuk melayani konsumen dengan lebih baik.

FWD Group Holdings Limited (FWD Group atau FWD) mengumumkan perjanjian lima tahun untuk layanan teknologi dengan Amazon Web Services (AWS) sebagai bagian dari strategi cloud-first FWD.

Sebagai penyedia cloud strategis FWD Group, AWS akan terus membantu FWD dalam menjalankan aplikasi bisnis inti, mulai dari keuangan hingga antarmuka pelanggan dan agen asuransi.

Baca juga : Solusi AI Cloud Percepat Transformasi Digital Industri di Lintasarta Deka GPU

Kolaborasi yang diperpanjang dengan AWS ini juga akan memberikan FWD kelincahan, skalabilitas, dan ketahanan yang lebih besar saat FWD secara progresif beralih dari mengoperasikan pusat data miliknya.

"Di FWD, cloud computing adalah strategi bisnis holistik, tidak hanya memprioritaskan untuk fungsi teknologi saja. Mindset digital-first ini menghadirkan infrastruktur operasional dan kapabilitas yang tidak hanya aman dan berbasis cloud, namun juga sepenuhnya terintegrasi di seluruh fungsi bisnis dan dengan mitra seperti AWS."

"Melalui fondasi ini, kini kami dapat lebih lanjut meningkatkan penerapan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) generatif secara efisien, efektif, dan bertanggung jawab, sejalan dengan visi kami untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi," ungkap Sandeep Pandey, Group Chief Technology & Operations Officer FWD Group.

Baca juga : Biaya Medis di Indonesia Diprediksi Tumbuh 13%

Teknologi cloud berdampak positif pada pengembangan dan penerapan perangkat lunak FWD, mempercepat waktu untuk menjangkau pasar asuransi dan meningkatkan pengalaman nasabah.

Pada akhir 2023, 97% aplikasi FWD Group dimigrasikan ke cloud, atau naik dari 27% per 31 Desember 2020, dengan 93% aplikasi yang ditargetkan untuk pensiun telah dihentikan.

Wakil Presiden Professional Services dan Generative Artificial Intelligence Innovation Center AWS Francessca Vasquez mengatakan AWS mendukung perusahaan-perusahaan di industri keuangan dan asuransi di seluruh dunia untuk melayani konsumen dengan lebih baik melalui teknologi cloud dan AI selama lebih dari satu dekade.

Baca juga : Tahun Ini Diprediksi Terjadi Lonjakan Adopsi AI Generatif

"Ambisi FWD Group untuk memanfaatkan keunggulan teknologi cloud dan AI generatif menunjukkan komitmen mereka terhadap transformasi digital dan kepuasan pelanggan."

"Kami senang dapat terus mendukung FWD Group dengan keandalan dan kapabilitas AWS yang terbukti membantu mereka mempercepat inovasi, menghemat biaya, meningkatkan efisiensi, dan memperluas bisnis mereka.”

Contoh kolaborasi dengan AWS termasuk aplikasi Omne by FWD, sebuah aplikasi asuransi dengan proses layanan mandiri dan klaim digital yang berfokus pada pelanggan, yang mendapatkan penilaian net promoter score yang kuat sejak diperkenalkan pada 2022.

Baca juga : Pentingnya Aspek Pelayanan pada Industri Logistik

FWD juga didukung AWS dalam pengembangan pusat keuangan terpusat berbasis cloud untuk mengumpulkan, memvalidasi, dan memproses data keuangan, investasi, dan aktuaria di FWD.

Pada 2021 dan 2023, FWD mengalami pertumbuhan signifikan dalam sertifikat yang diberikan penyedia cloud, termasuk AWS Skills Guild, sebuah program yang membangun kefasihan cloud di seluruh organisasi, yang melatih lebih dari 600 karyawan dan kontraktor FWD.

Platform cloud digital FWD Group mencakup analitik, manajemen basis data, dan AI untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan pengembangan. Strategi cloud-first ini merupakan fondasi bagi penerapan AI generatif FWD Group yang bertujuan meningkatkan pengalaman pelanggan dan operasi perusahaan di berbagai bidang seperti akuisisi, pemasaran, kinerja saluran dan agen, underwriting, klaim, dan layanan pelanggan.

FWD Group memulai perjalanan AI pada 2019 dan kini memiliki hampir 200 model AI aktif di seluruh bisnis, dengan lebih dari 600 use case. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat