visitaaponce.com

Manfaat Ziarah Kubur, Mendoakan, Mengirim Al-Fatihah untuk Ahli Kubur

Manfaat Ziarah Kubur, Mendoakan, Mengirim Al-Fatihah untuk Ahli Kubur
Dua warga berziarah di makam keluarganya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Kebembem, Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/3/2023).(Antara/Aditya Pradana Putra.)

Banyak umat Islam yang suka berziarah ke kubur atau makam orangtua dan saudara yang meninggal dunia.

Memang ada anjuran bagi umat Islam berziarah kubur untuk mengirimkan doa dan bacaan Al-Quran untuk orangtua, saudara, bahkan ahli kubur atau orang lain yang telah wafat dalam permakaman itu. 

Hal itu disampaikan Habib Muhammad bin Alwi Al-Haddad. Menurut Habib Zein bin Ibrahim bin Smith, kutip Habib Muhammad bin Alwi Al-Haddad, ada manfaat bagi orang yang suka mengirim Al-Fatihah buat yang sudah meninggal, baik orangtuanya maupun mukminin-mukminat, saat lewat kuburan. 

"Biasakan mengucapkan, 'Assalamualaikum ya ahlil qubur allahummaghfirlahum warhamhum wa'afihim wa'fuanhum. Al-Fatihah. Biasain begitu," ujarnya sebagaimana dilansir @ngertiagama di Instagram.

Baca juga: Anak Baca Yasin di Makam Ibunda, Arwah Permakaman Bahagia

Apa manfaat bagi orang yang mendoakan para ahli kubur? Orang yang seperti itu saat ziarah kubur, lanjut dia, nanti kalau ajalnya datang, dia akan disambut di alam barzakh. Orang-orang yang di alam barzakh sudah mengenali dia.

"Ahlan wa sahlan kiriman ente nyampe mulu. Ente bukan orang lain." Ia disambut banyak orang di alam barzakh. Maklum, para ahli kubur merasakan manfaat dari bacaan doa dan Al-Qur'an dari manusia yang masih hidup.

Baca juga: Kisah Seorang Ibu yang Dikubur dan Bertemu Dua Perempuan Beda Nasib

Namun bagi orang yang tidak pernah ziarah kubur, tidak pernah mendoakan orang-orang meninggal dunia, imbuh dia, ketika mati akan menjadi asing.

Ruh yang meninggal itu seperti datang ke kampung orang yang tidak ada yang mengenalinya. Ini karena par ahli kubur tidak pernah merasakan manfaat dari doa dan kiriman bacaan Al-Qur'an dari orang tersebut. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat