visitaaponce.com

Simak, Ini Doa-Doa Ziarah Kubur Singkat dan Tata Cara

ZIARAH kubur merupakan salah satu amalan mulia yang dilakukan dalam agama Islam.

Selain itu, ziarah kubur juga bertujuan untuk mengingatkan manusia yang masih hidup akan kematian. 

Di Indonesia sendiri, ziarah kubur merupakan satu tradisi yang biasa dilakukan sebelum Bulan Ramadan maupun saat Hari Raya Idul Fitri.

Tujuannya tentu untuk mendoakan orangtua, saudara, ataupun kerabat yang telah tiada. 

Karena merupakan satu hal yang keramat, untuk menghormati saudara yang telah tiada, ziarah kubur harus dilakukan sesuai dengan tatakrama atau tata cara yang berlaku.

Berikut tata cara dan sejumlah doa ziarah kubur yang bisa dirapalkan saat melakukan ziarah kubur. 

Baca juga: Bacaan Doa untuk Orangtua dalam Bahasa Arab, Latin, Artinya

doa ziarah kubur

Dalil Ziarah Kubur

Dalam sebuah hadis riwayat Hakim, Rasulullah SAW menganjurkan umat melakukan doa ziarah kubur. Berikut sabda hadis riwayat Hakim.


كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً

Artinya: "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)." (HR Hakim)

Manfaat Ziarah Kubur

Melaksanakan ziarah kubur ini bersifat umum, baik menziarahi kuburan orang-orang shalih ataupun menziarahi kuburan orang Islam secara umum. Hal ini seperti ditegaskan oleh Imam al-Ghazali sebagaimana keterangan berikut: 


زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة لأجل التبرك مع الاعتبار

Artinya: Ziarah kubur disunahkan secara umum dengan tujuan untuk mengingat (kematian) dan mengambil pelajaran, dan menziarahi kuburan orang-orang shalih disunahkan dengan tujuan untuk tabarruk (mendapatkan barakah) serta pelajaran. (Al-Ghazali, Ihya’ Ulum ad-Dien, juz 4, halaman: 521). 

Dalam ajaran Islam, ziarah kubur memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

1. Mengingat kematian dan akhirat

Ziarah kubur dapat mengingat kematian sebagai realitas hidup. Dalam Islam, kematian adalah kepastian yang harus dihadapi oleh setiap manusia. Dengan melakukan ziarah kubur, umat Islam diingatkan bahwa hidup ini hanya sementara dan kematian akan datang menjemput kita suatu saat nanti. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih menghargai waktu yang kita miliki dan berusaha untuk memperbaiki amalan kita agar dapat dihadapkan dengan baik saat dihadapkan dengan Allah SWT.

2. Meningkatkan kecintaan dan kebersamaan dalam Islam

Dalam Islam, umat Islam diwajibkan untuk saling mengunjungi dan berziarah ke makam saudara seiman. Hal ini dapat memperkuat kecintaan kita terhadap Islam dan meningkatkan kebersamaan dalam umat Islam. Melalui ziarah kubur, kita juga dapat belajar dari orang yang telah meninggal, baik dalam hal kehidupan maupun agama, sehingga dapat memperbaiki diri dan amalan kita.

3. Memperkuat ikatan dengan orang yang telah meninggal

Dalam Islam, hubungan antara yang hidup dan yang telah meninggal tidak terputus, dan ziarah kubur dapat membantu memperkuat ikatan ini. Ziarah kubur juga dapat memberikan kesempatan bagi kita untuk mendoakan mereka yang telah meninggal, memohonkan ampunan dan keberkahan atas nama mereka.

4. Mengingat kenangan orang yang telah meninggal

Ziarah kubur dapat membantu kita untuk mengingat kenangan orang yang telah meninggal, serta memberikan kesempatan bagi kita untuk mengenang jasa-jasa mereka dan belajar dari pengalaman hidup mereka.

5. Menanamkan nilai-nilai keislaman

Ziarah kubur dapat menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dalam diri kita. Dalam kunjungan ini kita bisa belajar tentang nilai kesabaran, tawakal, ketaqwaan, serta mengetahui bagaimana para sahabat dan para nabi berakhlak dalam hidup.

6. Mengikuti contoh para sahabat dan para nabi

Ziarah kubur juga dapat membantu kita untuk mengikuti contoh para sahabat dan para nabi dalam menghormati dan mengenang orang-orang yang telah meninggal. Ini akan membantu kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai seorang muslim.

7. Memperbaiki hubungan dengan orang yang telah meninggal

Dalam Islam, umat Islam diwajibkan untuk memperbaiki hubungan dengan orang yang telah meninggal, dengan mendoakan mereka

8. Memperkuat rasa syukur dan kesadaran akan nikmat Allah

Dalam Islam, kehidupan adalah ujian dan segala sesuatu yang kita miliki adalah anugerah dari Allah SWT. Dengan mengunjungi makam orang yang telah meninggal, kita diingatkan akan kebesaran Allah SWT yang telah memberikan segala sesuatu yang kita miliki saat ini, dan diharapkan kita akan lebih bersyukur serta memperbaiki amalan kita agar lebih baik lagi.

9. Mengenali silsilah keluarga

10. Lebih dekat dengan Allah SWT

Dengan demikian, ziarah kubur dapat memberikan manfaat spiritual dan moral bagi kita sebagai seorang muslim, dan dapat membantu kita untuk memperkuat ikatan dengan Allah dan sesama manusia.

Tata Cara dan Bacaan Doa Ziarah Kubur

Berikut ini dalah tata cara ziarah kubur singkat:

  1. Ucapkan salam,
  2. Membaca Istighfar,
  3. Membaca Surat Al-Fatihah,
  4. Membaca Surat Al Ikhlas,
  5. Membaca Surat Al Falaq,
  6. Membaca Surat An Naas,
  7. Membaca Kalimat Tahlil,
  8. Membaca Doa Ziarah Kubur,

Dalam tata cara ziarah kubur yang lengkap panjang menyertakan Ayat Kursi dan Surat Yasin. Dengan urutan sebagai berikut:

  1. Ucapkan salam,
  2. Membaca Istighfar,
  3. Membaca Surat Al-Fatihah (dibaca tiga kali),
  4. Membaca Surat Al Ikhlas (dibaca tiga kali),
  5. Membaca Surat Al Falaq (dibaca tiga kali),
  6. Membaca Surat An Naas (dibaca tiga kali),
  7. Membaca Ayat Kursi,
  8. Membaca Surah Yasin,
  9. Membaca Tahlil, dzikir, dan sholawat,
  10. Membaca Doa Ziarah Kubur,

1. Ucapkan salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun. 

Artinya: 

"Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian."

2. Membaca Istighfar

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Hal selanjutnya yang bisa menjadi doa dalam ziarah kubur ialah membaca istighfar berikut: 

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi. 

Artinya: 

"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya." 

Baca juga: Bacaan Doa untuk Kedua Orangtua yang sudah Meninggal

3. Membaca Surat Al-Fatihah

 

Bismillahir rahmanir rahim Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Ar Rahmaanirrahiim Maaliki yaumiddiin Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin Ihdinash-shirraatal musthaqiim Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladhdhaalliin. 

Artinya: 

"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam Yang Maha Pengasih, Lagi Maha Penyayang Pemilik hari pembalasan Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." 

4. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas

5. Membaca Kalimat Tahlil

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ

Laailaaha Illallah. 

Artinya: 

"Tiada Tuhan selain Allah." 

Baca juga: Puasa Qadha Gantikan Halangan Berpuasa, Begini Bacaan Niatnya 

6. Membaca Doa Ziarah Kubur

Bacaan Doa Ziarah Kubur Arab:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì. Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì. 

Artinya: 

"Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. 

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.

Demikian urutan tata cara dan bacaan doa ziarah kubur. Semoga bermanfaat.

(OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat