visitaaponce.com

Ini Lima Tips Menyimpan Makanan Agar Awet Saat Ditinggal Mudik

Ini Lima Tips Menyimpan Makanan Agar Awet Saat Ditinggal Mudik
Ilustrasi(Hello Nutritarian)

BAHAN makanan yang Anda tinggal beberapa hari untuk mudik Lebaran bisa basi atau rusak jika ridak disimpan dengan benar. Karenanya, jenis makanan hingga wadah perlu Anda pertimbangkan.

Berikut ini adalah tips menyimpan makanan agar awet saat Anda tinggal mudik Lebaran:

1. Simpan bahan makanan secukupnya 

Sebelum berangkat mudik, Anda perlu memastikan menyimpan bahan makanan yang mencukupi untuk hari pertama setelah kembali dari kampung halaman. Pasalnya, biasanya pasar akan tutup beberapa hari selepas Idul Fitri.

Baca juga: Jawa Tengah Genjot Perbaikan Jalan, Ganjar Pastikan Semua Jalur Utama Siap Dilewati Pemudik

2. Gunakan wadah yang kedap udara

Menyimpan makanan di wadah yang kedap udara akan menjaga makanan tetap segar lebih lama. Anda bisa menggunakan kantong plastik yang diikat dengan erat atau kotak penyimpanan dengan tutup yang kedap udara. Wadah harus ditutup dengan rapat agar bahan makanan tidak dihinggapi lalat atau kutu.

3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

Simpan bahan makanan di tempat yang sejuk dan kering seperti di lemari pendingin. Pastikan suhu di dalam lemari pendingin diatur cukup dingin.

Baca juga: Kepala KSP Klaim Pelayanan Mudik akan Lebih Baik

Untuk makanan yang tidak perlu disimpan di dalam lemari pendingin harus dipastikan disimpan di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung.

4. Pisahkan bahan yang mudah rusak

Sayuran dan buah-buahan cenderung mudah rusak jika disimpan bersama bahan makanan lainnya. Karenanya, pastikan menyimpan kedua bahan makanan itu di secara terpisah di wadah kedap udara.

5. Habiskan bahan makanan segar sebelum mudik

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya mengonsumsi atau memasak bahan makanan segar agar tidak terbuang sia-sia. Pasalnya, bahan makanan segar lebih cepat busuk ketimbang makanan beku atau makanan kaleng. (Ant/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat