visitaaponce.com

Direksi Pastikan Posko Arus Balik BPJS Kesehatan Berikan Manfaat Besar bagi Pemudik

Direksi Pastikan Posko Arus Balik BPJS Kesehatan Berikan Manfaat Besar bagi Pemudik
(BPJS KESEHATAN)

SEBAGAI upaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di masa libur Lebaran, BPJS Kesehatan tetap membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan saat arus balik. Direktur Kepatuhan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Mundiharno menyatakan bahwa pihaknya tidak hanya menghadirkan layanan kesehatan, namun juga layanan relaksasi dan layanan administrasi BPJS Kesehatan. Uniknya, layanan relaksasi yang dihadirkan turut menggandeng penyandang disabilitas (tuna netra) dalam pemberian terapi pijat.

Untuk mendukung kelancaran masyarakat selama arus mudik libur Lebaran tahun 2023, BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik dan Posko Arus Balik di berbagai titik strategis. Selama arus mudik, BPJS Kesehatan menghadirkan posko layanan di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Sedangkan untuk arus balik, posko layanan dihadirkan di Rest Area Tol Pemalang KM 319B. Posko ini beroperasi mulai tanggal 24-26 April 2023 selama 24 jam non-stop.

Baca juga: Posko Mudik BPJS Kesehatan, Gandeng Tunanetra dan Hadirkan Pojok Mobile JKN

“Kenyamanan pemudik menjadi perhatian bagi kami sehingga hadirnya posko diharapkan dapat memberikan manfaat secara optimal. Beragam layanan kami hadirkan supaya pemudik tetap terjaga kesehatan dan kenyamanannya dalam menempuh perjalanan. Termasuk ahli pijat profesional yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana relaksasi,” kata Mundiharno saat kunjungannya ke Posko Arus Balik BPJS Kesehatan Rest Area tol Pemalang KM 319B, Selasa (25/4).

Ia juga mengatakan, sejak diresmikannya Posko Arus Balik BPJS Kesehatan pada 24 April 2023, terdapat 53 orang pemudik yang berkunjung ke Posko BPJS Kesehatan KM 319B. Rata-rata pengunjung mengakses layanan pemeriksaan kesehatan.

Mundiharno menambahkan, untuk memastikan bahwa pemudik yang berkunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan aman, pihaknya juga telah menghadirkan dokter dan perawat yang dapat membantu memeriksakan kondisi kesehatan para pemudik.

Baca juga: BPJS Kesehatan Hadirkan Lima Posko Mudik, Bisa Urus Rujukan RS

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik arus balik ini bisa dinikmati secara gratis oleh seluruh masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu sungkan untuk memanfaatkannya. Kami juga menyediakan makanan ringan dan minuman yang bisa dinikmati oleh pemudik,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Mohammad Sidik mengatakan, Posko Arus Balik yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan memberikan manfaat yang besar bagi para pemudik. Menurutnya, langkah yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam menghadirkan posko mudik dengan beragam layanan bagi masyarakat sangat tepat untuk meningkatkan kenyamanan pemudik selama menempuh perjalanan.

“Untuk layanan kesehatan, kita lihat ada layanan konsultasi, pemeriksaan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan. Selain itu disiagakan juga ambulans yang bisa digunakan untuk mengantarkan pemudik ke rumah sakit apabila dibutuhkan. Manfaatnya luar biasa,” ujar Sidik.

Baca juga: Kabar Gembira! Layanan Administrasi BPJS Kesehatan Bisa Diakses di Masa Libur Lebaran

Turut hadir dalam kunjungan lapangan tersebut Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah VI, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang, Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Wakil Kepala Kepolisian Resor Pemalang, dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang. (S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat