visitaaponce.com

Penyebab Hemoglobin Rendah dan Cara Menaikannya dengan Cepat

Penyebab Hemoglobin Rendah dan Cara Menaikannya dengan Cepat
Ilustrasi - Sel darah merah(Dok.MI)

HEMOGLOBIN atau Hb merupakan protein sel darah merah dalam tubuh manusia. Hb memiliki fungsi yang besar untuk manusia. 

Sel darah merah yang berbentuk bulat dan pipih di bagian tengahnya itu bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bentuknya yang bulat itu mudah bergerak dan mengalir dalam pembuluh darah. Tidak hanya membawa oksigen, Hb juga bertugas membawa karbon dioksida ke jaringan dan organ kembali ke paru-paru.

Tugas Hb yang berat itu membuat penting bagi kita menjaga agar tetap berada di kadar yang normal. Lalu berapa kadar normal hemoglobin? Untuk pria angkanya berada dikisaran 13,8 sampai 17,2 gram per desiLiter. Untuk perempuan di 12,1 sampai 15,1 gram per desiLiter. 

Baca juga: Jadi Andalan Penderita Kolesterol Tinggi, Ini Manfaat dan Efek Samping Obat Simvastatin

Nah kalau hemoglobin rendah akan mempengaruhi tubuh kita. Berikut tanda kalau kadar Hb dalam tubuh rendah. 

1. Kelelahan 

Baca juga: Cuaca Panas, Awas Heat Stroke! Yuk Kenali Gejala, Risiko Serta Penangananya

Hemboglobin yang rendah, membuat kadar oksigen yang ada di dalam tubuh menjadi tidak tercukupi. Hal ini membuat seseorang mengalami kekurangan energi dalam beraktivitas, dan membuat rasa lelah meskipun telah beristirahat. 

2. Pucat

Kekurangan Hb juga dapat ditandai dengan kondisi pucat pada seseorang. Hal ini, disebabkan pembuluh darah yang berada di seluruh tubuh, tidak mengedarkan darah sesuai dengan kondisi normal. Hal ini, yang membuat tubuh tampak pucat. 

3. Sesak Nafas

Akibat dari Hb rendah selanjutnya adalah sesak nafas. Hb merupakan komponen dari sel darah merah yang mengikat oksigen. Semakin kurangnya HB pada tubuh, maka kadar oksigen pada tubuh juga akan semakin berkurang. 

4. Sering Pusing

Pusing juga menjadi akibat dari kurangnya kadar Hb pada tubuh. Hal ini, disebabkan oleh kadar oksigen yang tidak mencukupi pada tubuh, terutama di bagian kepala, akan membuat seseorang mengalami rasa pusing, bahkan pingsan. 

Penyebab Hb Rendah

Hb rendah dapat disebabkan oleh banyak faktor. Kekurangan gizi seperti kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab umum dari tingkat Hb rendah. Kekurangan asam folat dan vitamin B12 juga menjadi penyebab sel darah merah susah untuk beregenerasi. 

Beberapa kondisi yang menyebabkan anemia juga menjadi alasan dari Hb yang rendah. Kehilangan darah akibat cedera, perdarahan, baik secara eksternal maupun internal, dan juga menstruasi merupakan penyebab lainnya dari Hb rendah.

Cara menaikannya

Selain berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat. Sejumlah makanan bisa membantu anda meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah. 

  1. Hati sapi - dalam 100 gram hati sapi mengandung 6,5 miligram zat besi.
  2. Daging merah - dalam 100 gram daging merah terdapat sekitar 3 miligram zat besi. Penelitian menunjukan kadar zat besi di tubuh orang yang mengonsumsi daging merah cenderung lebih stabil daripada orang yang minum suplemen zat besi.
  3. Kerang - semua jenis kerang bagus untuk meningkatkan Hb. Satu porsi kerang dengan berat 100 gram terkandung 3 miligram zat besi.
  4. Ikan - Ikan seperti tuna, salmon, hingga sarden dinilai bisa meningkatkan kadar Hb dengan cepat. Dalam 1 porsi tuna dengan berat 100 gram mengandung 2 miligram zat besi, sedangkan 100 gram ikan sarden mengandung 1 miligram zat besi.
  5. Bayam - Setidaknya dalam 100 gram bayam, terdapat 3 miligram zat besi. Tidak hanya itu, bayam menggandung vitamin C yang juga membantu menaikan kadar Hb. 
  6. Kol - Dalam setiap 100 gram sayuran yang kerap dijadikan lalapan ini mengandung 50 miligram vitamin C dan mampu memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh.
  7. Brokoli - dalam 91 gram brokoli terkandung 57 mikrogram folat, 1 miligram zat besi, dan 81 miligram vitamin C.
  8. Tahu - satu porsi tahu (100 gram) terkandung 3,5 miligram zat besi.
  9. Cokelat hitam - coklat yang mengandung 80% kakao dengan berat 28 gram memiliki 3,5 gram zat besi.
  10. Apel - satu buah apel terkandung setidaknya 0,3 miligram zat besi dan 5 milligram vitamin C.
  11. Jeruk - tidak hanya kaya akan vitamin C, buah ini bisa membantu menambah dan meningkatkan hb dengan cepat. 
  12. Beras cokelat - setiap 100 gram beras coklat ada 0,5 miligram gram zat besi.

Guna mencegah penurunan kadar Hb, hindari makanan yang menghambat penyerapan. Seperti kopi, teh, minuman bersoda, atau minuman beralkohol. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat