visitaaponce.com

Pemerintah Gelontorkan Rp5 Triliun untuk Dana Abadi Kebudayaan

Pemerintah Gelontorkan Rp5 Triliun untuk Dana Abadi Kebudayaan
Peserta mengenakan busana kreasi pada Festival Musik Tradisi untuk memperingati Hari Musik Nasional di Kota Tua, Jakarta.(MI/Usman Iskandar)

KANTOR Staf Presiden (KSP) memastikan keberlangsungan program Dana Abadi Kebudayaan yang telah diluncurkan pada tahun lalu dengan nama Dana Indonesiana. Deputi Bidang Pembangunan Manusia (II) KSP Abetnego Tarigan menjelaskan bahwa pemerintah akan menyediakan dana pokok sebesar Rp5 triliun hingga 2024.

"Dana ini akan diputar dan bunga dari dana tersebut yang akan digunakan untuk membiayai proposal-proposal proyek kebudayaan dari masyarakat. Sementara itu, pengajuan proposal dapat dilakukan secara perseorangan atau melalui kelompok masyarakat, seperti Gentra Lestari Budaya (GLB)," ujarnya Sabtu (6/5).

Ia mengatakan pemerintah serius dalam memberikan dukungan bagi pemajuan kebudayaan. Pemerintah bahkan menyediakan beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan khusus di bidang kebudayaan.

Baca juga: Revolusi Musik dan Gaya: Menguak Subkultur Mods di Indonesia

"Melalui beasiswa itu, sekitar 300 proposal proyek pengembangan budaya tahun 2022 dilakukan para pelaku seni dan budaya," imbuhnya.

KSP, terang Abetnego, mendukung kegiatan-kegiatan pemajuan kebudayaan, salah satunya yakni terhadap kompetisi tari kreasi nusantara yang diselenggarakan oleh GLB. Kompetisi tari kreasi baru, menurutnya merupakan pengembangan dari seni tari tradisional. (Z-11)

Baca juga: Dita Karang Jadi Duta Hubungan Indonesia-Korsel

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat