visitaaponce.com

Kucing Jadi Hewan Paling Banyak Divaksinasi di Jakarta Barat

Kucing Jadi Hewan Paling Banyak Divaksinasi di Jakarta Barat
Ilustrasi(MI/Andhika)

Kucing menjadi hewan yang paling banyak mengikuti program vaksinasi rabies yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jakarta Barat. Angkanya tercatat mencapai 1.481 ekor. Sementara, hewan lain yaitu anjing hanya 342 ekor, kera 20 ekor dan musang 8 ekor.

 

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Kasudin KPKP) Jakarta Barat, Novy C. Palit mengungkapkan, secara total, vaksinasi rabies di wilayah Jakarta Barat per 30 April 2023 sudah dilakukan terhadap 1.851 hewan. Jumlah tersebut baru 20,64% dari target 8.967 ekor di 2023.

"Angka itu sudah sesuai dengan permintaan vaksin dari setiap kecamatan. Jika sudah ada permintaan dari kecamatan," ujar Novy di Jakarta, Sabtu (6/5).  

Baca juga: 7 Busana Unik Hingga Aneh dari Para Seleb Hollywood di Met Gala 2023, Terinspirasi dari Kucing!

Novy melanjutkan, penempatan jumlah petugas vaksinasi juga disesuaikan dengan kondisi di lapangan atau di kecamatan terkait. Biasanya, Sudin KPKP menempatkan tiga petugas di setiap kecamatan.

"Namun, jika ada laporan dari kecamatan bahwa jumlah hewan yang akan divaksin sedikit, jumlah petugas juga diturunkan. Begitu juga sebaliknya," ucapnya.

Baca juga: Sterilisasi Kucing Baik untuk Kesehatan dan Menekan Populasi

Ia mengimbau kepada masyarakat, terutama di Jakarta Barat, yang memiliki hewan peliharaan yang belum divaksin untuk segera membawanya ke pusat kesehatan hewan setempat. Fasilitas tersebut sebaiknya dimanfaatkan mengingat pungutan biaya ditanggung pemerintah daerah setempat.

"Vaksinasi ini gratis dari Sudin KPKP Jakarta Barat dan dilakukan di seluruh kecamatan," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat