visitaaponce.com

Indonesia Dapat Tambahan 8.000 Kuota Haji, Pengamat Jangan Sampai Hangus

Indonesia Dapat Tambahan 8.000 Kuota Haji, Pengamat: Jangan Sampai Hangus
Jamaah Umroh melaksanakan Tawaf saat ibadah Umroh seusai Salat Subuh di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.(MI/Ramdani)

Indonesia memperoleh tambahan kuota jemaah haji sebanyak 8.000 untuk penyelenggaraan tahun ini. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan penambahan itu sudah masuk dalam sistem e-Hajj atau aplikasi pemvisaan Arab Saudi.

Menanggapi hal tersebut, pengamat haji sekaligus Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Ade Marfuddin mewanti-wanti agar pemerintah segera merumuskan kebijakan terkait penyerapan kuota secara maksimal agar kuota tersebut tidak hangus.

"Saya dulu menyarankan kuota cadangan itu 2% dari jumlah jemaah haji. Sebetulnya idealnya 10% untuk menghindari berbagai hal seperti calon jemaah yang belum dapat melunasi dan lainnya. Sekarang, ada penambahan kuota, harus dipastikan ini jangan sampai hangus," ujar Ade kepada Media Indonesia, Senin (8/5).

Baca juga: Dapat Tambahan 8.000 Kuota Haji, Menag Segera Bahas dengan DPR

Ia khawatir, jika tidak dimanfaatkan secara maksimal akan mempengaruhi penilaian pemerintah Arab Saudi terhadap Indonesia.

"Kita selalu minta ditambah kuota. Begitu ditambah ya jangan sampai enggak sanggup. Jangan sampai kita coreng muka kita di mata Pemerintah Arab Saudi," tuturnya.

Baca juga: Cuma Tunggu Tujuh Tahun, Biaya Haji Khusus Capai Rp180 Juta

Lebih lanjut, ia menuturkan penambahan kuota 8.000 jemaah haji jangan sampai menjadi bola liar di masyarakat. Kementerian Agama pun dijuga diminta segera mendiskusikan hal itu dengan DPR. Dengan waktu persiapan yang tidak banyak, kerja sama antarpihak dikatakan perlu digencarkan.

"Jadi dalam waktu seminggu ini harus clear 8.000 kuota tambahan ini akan diapakan. Apakah akan menggunakan kuota cadangan juga atau membuka keran baru? Dua skema itu yang paling mungkin dilakukan menurut saya," kata Ade.

Selain itu, Ade juga meminta Kemenag mendiskusikan hal itu juga dengan asosiasi travel haji. Karena, menurut dia biasanya permintaan tambahan kuota juga sangat diharapkan oleh travel haji.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat