visitaaponce.com

ASCC 2023 Sepakati Empat Komitmen Untuk Dibahas Di KTT ASEAN

ASCC 2023 Sepakati Empat Komitmen Untuk Dibahas Di KTT ASEAN
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah) memimpin Sidang Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN ke-29 di Bali, Senin (8/5).(DOK Kemenko PMK)

SIDANG Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN ke-29 (The 29th ASEAN Socio-Cultural Community/ASCC) 2023 menyepakati empat komitmen yang selanjutnya akan dibahas pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

"Sudah disepakati di tingkat menteri, akan dibawa ke KTT ASEAN 2023," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy usai sidang Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASCC ke-29 di Nusa Dua, Provinsi Bali, Senin (8/5).

Ia mengemukakan empat dokumen komitmen itu, yakni terkait one health, jejaring desa ASEAN, pelindungan pekerja migran dalam situasi krisis, dan pekerja migran khususnya nelayan migran. "Empat dokumen komitmen ini sebagai upaya memajukan ASEAN yang inklusif," tutur Muhadjir.

Dalam Sidang ASCC ke-29, Menko PMK menyampaikan, para Menteri dan Sekretaris Jenderal ASEAN menegaskan kembali komitmen mereka untuk bekerja sama dalam mewujudkan prioritas Pilar Sosial Budaya di bawah Kepemimpinan ASEAN Indonesia. "Mari perkuat kerja sama kita dalam mendorong relevansi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan di kawasan dan sekitarnya," kata Menko PMK.

Dalam kesempatan tersebut, Muhadjir juga menyampaikan hasil yang didapat dalam dua side event yang digelar beberapa waktu lalu yaitu pertemuan dengan seniman dan budayawan Bali serta ASCC Knowledge Forum yang merupakan forum bertukar pandangan dan pengalaman terkait kebijakan pengentasan kemiskinan di ASEAN yang memperhatikan aspek kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial (GEDSI).
 
"Sebagai ‘pilar rakyat’, saya percaya bahwa penting untuk menerjemahkan tema 'ASEAN Matters' dan merefleksikan relevansi ASEAN bagi rakyat. Hal ini hanya dapat dicapai dengan memastikan inklusivitas ASEAN dengan benar-benar melibatkan, menghubungkan, dan mempertahankan kehadiran ASEAN di tingkat akar rumput, karena bagaimanapun mereka adalah orang-orang yang kita layani," tegas Muhadjir.

Dalam sidang ASCC ke-29 dipimpin Menko PMK, delegasi yang hadir dalam sidang itu di antaranya Menteri Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam Haji Nazmi Bin Haji Mohammad, Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kamboja Nath Bunroeun, Menteri Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket, Menteri Pariwisata, Seni dan Kebudayaan Malaysia Dato’ Sri Tiong King Sing.

Hadir juga  Sekretaris Kementerian Kesejahteraan Rakyat dan Pembangunan
Filipina Rex Gatchalian, Menteri Sosial dan Pembangunan Keluarga Singapura Masagos Zulkifli, Menteri Pembangunan Sosial dan Keamanan Manusia Thailand Anukul Peedkaew, Deputi Menteri Tenaga Kerja, Penyandang Disabilitas, dan Sosial Vietnam Nguyen Ba Hoan, Wakil Menteri Solidaritas Sosial dan Inklusi Timor Leste Signi Chandrawati, dan Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn. (Ant/RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat