visitaaponce.com

PDNS Diserang, Mahasiswa Baru Diminta Daftar Ulang KIP Kuliah

PDNS Diserang, Mahasiswa Baru Diminta Daftar Ulang KIP Kuliah
Ilustrasi.(Dok MI)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta mahasiswa baru untuk bersabar dan menginput kembali Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) 2024. Ini imbas peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

"Itu kan teknis saja. Saya mohon mahasiswa bersabar, karena memang ada musibah yang tidak kita duga. Jadi diminta untuk memasukkan dan menginput kembali data-data yang diperlukan, terutama penerima KIP kuliah," kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (1/7).

Sebagaimana diketahui, serangan siber terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) juga membuat data terkait pendidikan, termasuk KIP hilang.

Baca juga : PDNS Diserang, Kemendikbudristek Jamin Data Penerima KIP Kuliah Aman

"Kalau memang datanya sudah enggak ada, ya diulang dong. Tadi saya sudah koordinasi dengan Dirjen Dikti Kemendikbud-Ristek dan Sekretaris Mendikbud-Ristek. Sekarang sudah bergerak. Insya Allah enggak ada masalah," ungkapnya.

Proses pemindahan, pemulihan, dan rekonfigurasi interkoneksi sistem KIP Kuliah dengan sistem lain di pemerintah membutuhkan waktu. Diperkirakan, sistem KIP Kuliah baru akan bisa kembali beroperasi penuh paling lambat pada 29 Juli 2024. 

Pemerintah masih melihat dampaknya memerlukan perpanjangan waktu atau tidak. "Kita lihat nanti efeknya sampai ke situ atau tidak. Kalau tidak ngapain harus diundur. Kita lihat aja," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat