visitaaponce.com

Cegah Kanker Payudara, Mammografi Harus Dimulai pada Usia 40 tahun

Cegah Kanker Payudara, Mammografi Harus Dimulai pada Usia 40 tahun
Ilustrasi mammogram.(Conway Medical Center)

Semua wanita harus mendapatkan skrining mammografi untuk kanker payudara mulai dari usia 40 tahun, bukan 50. Hal ini diungkapkan oleh Badan Kesehatan AS, pada Selasa (09/05). Langkah yang dikatakan dapat menyelamatkan ribuan nyawa melalui pencegahan dan deteksi dini kanker payudara.

Kanker payudara adalah kanker paling umum kedua dan penyebab kematian akibat kanker paling banyak kedua bagi wanita di Amerika Serikat, membunuh sekitar 42.000 wanita dan 500 pria. Wanita kulit hitam 40 persen lebih mungkin meninggal daripada wanita kulit putih.

Satuan Tugas Layanan Pencegahan Badan Kesehatan AS mengatakan meskipun sebelumnya merekomendasikan wanita berusia 40-an membuat pilihan individu tentang kapan memulai skrining, panduan baru ini dapat membantu menyelamatkan 19 persen lebih individu.

Baca juga: Air Galon Picu Kanker Payudara, Cek Faktanya!

"Ilmu pengetahuan baru, dan lebih inklusif tentang kanker payudara pada orang yang berusia di bawah 50 tahun, telah memungkinkan kami untuk memperluas rekomendasi kami sebelumnya, dan mendorong semua wanita untuk melakukan skrining setiap dua tahun mulai usia 40 tahun," kata Satuan Tugas dalam sebuah pernyataan resmi.

Berdasarkan kesahihannya, rekomendasi baru ini diberi peringkat "Grade B", yang merupakan level tertinggi kedua. Panduan tersebut masih dianggap sebagai draf, dengan Satuan Tugas memposting bukti yang dipertimbangkannya di situs webnya dan memberikan waktu untuk komentar dan peninjauan publik. Asuransi kesehatan Amerika diperlukan untuk menanggung layanan apapun yang direkomendasikan Satuan Tugas ini, berapapun biayanya.

Baca juga: Semua Kontrasepsi Hormonal Berpotensi Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

"Memastikan wanita kulit hitam memulai skrining pada usia 40 adalah langkah pertama yang penting, namun itu tidak cukup untuk memperbaiki ketidaksetaraan kesehatan yang kita hadapi terkait kanker payudara," tambah wakil ketua Satuan Tugas Wanda Nicholson.

"Dalam draf rekomendasi kami, kami menggarisbawahi pentingnya tindak lanjut yang adil setelah skrining dan pengobatan kanker payudara yang tepat waktu dan efektif dan mendesak penelitian lebih lanjut tentang cara meningkatkan kesehatan perempuan kulit hitam,” lanjutnya.

Rancangan rekomendasi ini, berlaku untuk wanita dengan "risiko rata-rata" kanker payudara, yang mencakup orang-orang dengan riwayat keluarga kanker payudara atau faktor risiko lain seperti memiliki payudara padat, yang dialami oleh sekitar setengah dari semua wanita.

Panduan ini, tidak berlaku untuk orang yang memiliki riwayat kanker payudara sebelumnya, atau yang memiliki penanda genetik tertentu yang menempatkan mereka pada risiko tinggi, telah menjalani terapi radiasi dosis tinggi sejak usia muda, atau memiliki lesi berisiko tinggi yang diambil pada biopsi.

Nicholson mengatakan masih ada ketidakpastian mengenai manfaat dan bahaya dari pemeriksaan orang berusia 75 tahun ke atas.

"Keseimbangan antara manfaat dan bahaya dapat berubah seiring bertambahnya usia wanita, tetapi penelitian tentang populasi usia ini sangat terbatas," katanya.

Nicholson juga mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah wanita dengan payudara padat harus melakukan pemeriksaan tambahan dengan USG atau MRI, karena mammografi mungkin tidak bekerja dengan baik untuk mereka.

Kepala pencitraan payudara di Northwestern Medicine, Sarah Friedewald, mengatakan kepada AFP bahwa meskipun dia memuji Satuan Tugas karena mengungkapkan bahwa usia 50 tahun sudah terlambat untuk memulai skrining, "Kami merasa sangat kuat bahwa seharusnya setiap tahun."

"Jika Anda meningkatkan interval antar skrining, Anda membiarkan kanker tumbuh lebih besar dan berpotensi kurang dapat diobati," katanya, menambahkan rekomendasinya didukung oleh banyak uji klinis dan data pemodelan,” ungkap Sarah.

Ketika tumor terdeteksi lebih awal, mereka dapat diangkat dengan operasi, tanpa harus melakukan pengangkatan payudara.

(AFP/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat