visitaaponce.com

Optimisme Harus Ditanamkan untuk Majukan Sekolah Muhammadiyah.

Optimisme Harus Ditanamkan untuk Majukan Sekolah Muhammadiyah.
Webinar Growth Mindset yang diselenggarakan Forum Guru Muhammadiyah yang bekerja dengan Majelis Dikdasmen PNF dan UHAMKA.(Ist)

FORUM Guru Muhammadiyah mengadakan Webinar Growth Mindset, berkolaborasi dengan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal (Majelis Dikdasmen PNF) dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.HAMKA (UHAMKA).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring via zoom dan disiarkan juga di kanal Youtube Sekolah Berkemajuan pada 15 Mei 2023.

Webinar ini menghadirkan pembicara  dari Majelis Dikdasmen PNF PP Muhamadiyah yaitu Prof Suyanto, PH.D selaku Dewan Pakar dan Didik Suhardi, PhD, selaku Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah serta Rektor UHAMKA Prof. Dr. H. Gunawan Suryoputro, M.Hum dan Sutomo selaku Ketua PP  Forum Guru Muhammadiyah (FGM).  

Baca juga: Muhammadiyah Dorong Reformasi Kemanusiaan dan Pembangunan Perdamaian Melalui Pendidikan

Dalam paparannya, Rektor UHAMKA menyampaikan bahwa kepala sekolah dan guru Muhammadiyah harus  memiliki sikap yang baik karena sikap itu akan menjadi kerangka berpikir menuju optimisme.

Harus Miliki Kerangka Berpikir Optimisme

"Seseorang yang sudah memiliki positive mindset akan selalu berpikir bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini," kata Prof.Gunawan.

"Optimisme untuk mencapai kesuksesan harus selalu ada di dalam kerangka berpikir untuk memajukan sekolah Muhammadiyah," jelasnya. 

Baca juga: PTMA Jadi Pilar Penting Cerdaskan Kehidupan Bangsa

Pemikiran positif, menurut Prof.Gunawan, merupakan hal yang sangat penting dalam upaya memajukan sekolah Muhammadiyah.

Bersyukur akan Tambah Kesuksesan 

"Teruslah bersyukur, kalau kita bersyukur maka positive mindset akan terus berkembang. Bersyukur atas segala apa yang diraih. Bersyukur itu akan terus menambah kesuksesan untuk mengelola amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan," papar Rektor UHAMKA. 

Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Didik Suhardi, PhD, menyampaikan bahwa acara Webinar Growth Mindset ini sangat penting dan strategis dalam rangka membangun pendidikan Muhammadiyah yang menjadi bagian dalam membangun SDM di Indonesia.  

Lebih lanjut disampaikan Ddidk berdasarkan laporkan panitia bahwa ada1.206 peserta yang mendaftar. 

Menurut Didi, growth mindset adalah cara berpikir yang mempengaruhi perasaan untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki.

Baca juga: Akal Politik Muhammadiyah: Skripturalis-Rasional vs Substansialis-Pragmatis

"Cara berpikir tersebut dapat berasal dari kemampuan dasar yang dimiliki seseorang atau keterampilan dan kebiasaan baru yang bisa dikembangkan," jelasnya.  

Hal itu bisa menghasilkan sesuatu yang positif karena percaya kecerdasan dan bakat yang dipunyai bisa berkembang seiring berjalannya waktu lewat dedikasi dan kerja keras dalam mengembangkan amal usaha Muhammadiyah .

Ketua PP FGM Sutomo menyampaikan bahwa Forum Guru Muhammadiyah adalah organisasi profesi guru yang menjadi wadah  guru-guru Muhammadiyah di Indonesia.

Upaya optimalisasi peran FGM dengan melakukan terobosan program-program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dengan tujuan mengawal generasi unggul dan berkemajuan. 

Guru Harus Adaptif, Kreatif, dan Inovatif 

Di era digital saat ini, guru-guru Muhammdiyah harus adaptif, kreatif dan inovatif untuk terus belajar membekali diri dengan keterampilan dan karakter agar siap menghadapi transformasi pendidikan yang demikan cepat. 

Baca juga: Sinergi Kementerian Pertanian dan Muhammadiyah Memajukan Petani Indonesia

Tujuan pendidikan Muhammadiyah adalah untuk membentuk individu yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, mandiri, berwawasan kebangsaan, dan memiliki sikap inklusif.

Pendidikan Muhammadiyah bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan individu, masyarakat, dan bangsa. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat