visitaaponce.com

Penyebab dan Cara Pencegahan Disfungsi Ereksi, Pria Wajib Tahu

Penyebab dan Cara Pencegahan Disfungsi Ereksi, Pria Wajib Tahu
Ilustrasi(Medcom)

Dokter Spesialis Urologi dan Konsultan Andro-Urologi Endourologi RS Siloam Asri, Jakarta Selatan, Ponco Birowo membeberkan sejumlah penyebab gangguan disfungsi ereksi pada pria. Penyakit itu bisa muncul karena kebiasaan hidup yang tidak sehat, obesitas, hipertensi, dan kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol.

“Itu menjadi beberapa faktor utama yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami disfungsi ereksi,” ujar Ponco melalui keterangan tertulis, Rabu (17/5).

Jika dibiarkan tanpa pengobatan, disfungsi ereksi bisa memburuk sehingga memengaruhi kehidupan seksual dan bisa memicu masalah psikologis seperti depresi atau kecemasan. Kualitas hidup secara keseluruhan juga bisa terganggu karena disfungsi ereksi.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Disfungsi Ereksi pada Pria dan Cara Mengobatinya

"Disfungsi ereksi bukan penyakit komplikasi, tetapi, dapat menjadi tanda dari adanya masalah kesehatan yang mendasar atau penyakit yang mempengaruhi sistem vaskular atau saraf," paparnya.

Ia pun memberikan tips yang bisa dilakukan guna mencegah seorang pria terjangkit disfungsi ereksi.

Baca juga: Tes Darah lebih Dini dapat Mengungkap Penyebab Keguguran

Beberapa langkah preventif itu meliputi menjalankan pola hidup sehat, meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Selain itu, Ponco juga menyarankan memperbanyak minum air putih agar saluran kemih selalu dalam keadaan bersih dan menjaga kebersihan organ intim.

Seorang pria juga perlu menghindari menggunakan celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat karena dapat menekan sistem reproduksi pria.

Pada umunya, pria yang sehat mengalami sekitar tiga hingga enam kali ereksi setiap malam. Ponco menjelaskan ereksi pada malam hari adalah metode tubuh untuk menjaga jaringan di dalam penis tetap sehat karena penis adalah bagian tubuh yang memiliki kulit, tapi, tidak memiliki otot di bawah kulit.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat