visitaaponce.com

Dampak Mobilitas Sosial, Positif dan Negatif

Dampak Mobilitas Sosial, Positif dan Negatif
Suasana jam pulang kerja di kawasan Sudirman, Jakarta(Dok. MI)

MOBILITAS berasal dari kata latin “mobilis” yang berarti dipindahkan atau banyak bergerak dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Mobilitas sosial (social mobility) adalah perpindahan orang atau kelompok dari strata sosial yang satu, ke strata sosial yang lain.

Maka, orang yang mengalami mobilitas sosial, mengalami perubahan kedudukan dalam aspek status sosial. Perpindahan ini, dapat terjadi ke arah status sosial yang lebih tinggi, maupun lebih rendah. 

Mobilitas sosial, memiliki dampak positif dan negatif. Berikut uraiannya. 

Dampak Positif Mobilitas Sosial

Berikut, adalah dampak positif yang terjadi apabila seseorang mengalami mobilitas sosial. 

1. Memajukan Kondisi Sosial

Mobilitas sosial, memungkinkan seseorang untuk merangkak naik dan maju lebih baik. Artinya, kemajuan ini, dapat mempengaruhi perubahan sosial dalam masyarakat juga terjadi. 

2. Sebagai motivasi bagi individu

Setiap individu, pastinya berharap pada kehidupan dan status yang lebih baik. Mobilitas sosial, menjadi motivasi dan inspirasi bagi setiap individu untuk berusaha untuk menjadi lebih baik

3. Meningkatkan integrasi sosial

Akibat dari perbedaan status sosial dalam masyarakat, menyebabkan ketimpangan yang terjadi dalam aktivitas sosial. Dengan mobilitas sosial, tiap-tiap orang yang tergabung dalam status sosial tertentu, dapat terintegrasi secara sosial

Dampak Negatif Mobilitas Sosial

Ternyata, mobilitas sosial juga memiliki dampak negatif. Berikut, adalah dampak negatif dari mobilitas sosial. 

1. Memungkinkan terjadinya konflik di masyarakat

Manusia tidak dapat secara absolut menerima perubahan yang terjadi. Apabila seseorang mengalami mobilitas sosial, tak tertutup kemungkinan terjadi penolakan oleh kelompok masyarakat dengan status yang sama. Maka, mobilitas sosial, dapat menyebabkan konflik dan juga perpecahan di dalam sosial masyarakat. 

2. Ketidaksesuaian

Apabila seseorang berada dalam masa transisi pada saat mobilitas sosial, bisa saja terjadi ketidaksesuaian pada status sosial, yang dapat mengganggu aktivitas rutin. Kendati demikian, manusia memiliki sifat beradaptasi yang mampu membantu kondisi tersebut. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat