visitaaponce.com

3 Capres Masih Berjarak dengan Isu Krusial

3 Capres Masih Berjarak dengan Isu Krusial
Debat Capres masih jauh dari isu krusial(MI/Usman Iskandar)

Debat tiga capres yang digelar perdana oleh KPU semalam dinilai belum membahas tentang isu sentral. Pada kandidat masih berjarak dengan berbagai isu yang krusial dan menjadi permasalahan menahun selama ini. Pakar politik Universitas Airlangga kris Nugroho mengatakan masing-masing pasangan calon masih ragu dan jaga jarak terhadap isu sentral. Seperti soal hak asasi manusia dan hukum.

"Masih normatif sebatas pernyataan akan melakukan penguatan kelembagaan namun substansi bagaimananya tidak muncul," ujarnya, Rabu (13/12).

Masih kurang terlihatnya distingsi para pasangan calon dalam mengupas, menggagas solusi masalah seperti soal korupsi masih sangat terlihat. Pasangan calon masih ragu dan tidak tegas dalam memyampaikan gagasannya.

Baca juga: Debat Capres 2024 Dinilai Lebih Dinamis Ketimbang 2019

"Mereka masih ragu apa yang akan dilakukan maka terpilih terkait soal korupsi. Momen ini yg mestinya menjadi pembeda di antara calon tapi tidak muncul," ungkapnya.

Kris memahami situasi tersebut karena pasangan calon dan partai pendukungnya tersandera oleh kasus korupsi yang menjadi pekerjaan rumah menteri kabinet sehingga tidak maksimal memberi kritik terhadap praktik korupsi saat ini.

Baca juga: IHSG Berpeluang Fluktuatif Pascadebat Perdana Capres-Cawapres

"Kalau sekadar penguatan KPK atau amandemen UU KPK itu sudah seharusnya tapi apakah tidak juga sebaiknya dikritik praktik dugaan intervensi dalam beberapa kasus korupsi yang ditangani KPK. Ini juga tidak muncul. Jadi paslon masih jaga jarak dan masih normatif," tukasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat