visitaaponce.com

26.192 Calon Haji Indonesia Jalani Rawat Jalan karena Masalah kesehatan

26.192 Calon Haji Indonesia Jalani Rawat Jalan karena Masalah kesehatan
Ilustrasi(MI/Dwi Apriyani)

Kementerian Kesehatan RI melaporkan sebanyak 26.192 peserta calon haji asal Indonesia menjalani perawatan di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan Arab Saudi. Mereka dirawat jalan lantaran mengalami gangguan kesehatan.

"Mereka umumnya harus rawat jalan. Penyakit yang paling banyak dikeluhkan adalah kelelahan, penyakit jantung hipertensi, gangguan saluran pernapasan, dispepsia, dan diabetes melitus," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Liliek Marhaendro Susilo, Senin (5/6).

Secara rinci, peserta calon haji yang menjalani rawat jalan di Madinah tercatat sebanyak 24.467 orang. Sementara sisanya yaitu 1.223 orang dirawat di Mekkah dan 502 orang di bandara.

Baca juga: Petugas Sektor Masjidil Haram Siaga 24 Jam Layani Jemaah Haji Indonesia

Adapun, yang sampai dirujuk ke rumah sakit mencapai 165 peserta calon haji, terdiri atas 172 orang di Madinah, 13 orang di Mekkah, dan di 11 orang di bandara.

Liliek mengatakan jumlah peserta calon haji yang berkategori risiko tinggi sebanyak 75,37%. Mereka rata-rata berusia di atas 60 tahun dengan riwayat komorbid.

Baca juga: PPIH Imbau Jemaah Tidak Selfie Berlebihan di Depan Kabah

Kemenkes juga melaporkan jumlah pasien rawat inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah berjumlah 197 orang dan KKHI di Mekkah sebanyak 30 orang.

Kemenkes juga sedianya telah mengirim obat-obatan ke Arab Saudi seberat 107,8 ton dan telah didistribusikan ke daerah KKHI Madinah dan Makkah pada 21 Mei 2023.

"Obat dan peralatan kesehatan saat ini masih memadai untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan selama musim haji di kloter, sektor, dan KKHI," tandasnya. (Ant/Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat