visitaaponce.com

Maskapai Telat Terbangkan Jemaah Haji ke Tanah Suci

Maskapai Telat Terbangkan Jemaah Haji ke Tanah Suci
Calon jamaah haji diberangkatkan dengan pesawat maskapai Saudi Arabian Airlines(MI/Heri Susetyo)

KETERLAMBATAN penerbangan yang dialami jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci disebabkan maskapai yang melakukan kesalahan yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan dari Garuda Indonesia mengalami keterlambatan karena spare part pesawat yang harus didatangkan Lithuania yang membutuhkan waktu. Sementara global supply chain terganggu akibat perang Rusia dan Ukraina.

"Sementara dari Saudia Airlines mereka seperti belum siap pesawatnya sesuai dengan kontrak, ada beberapa pesawat yang datang tidak sesuai kontrak," ungkap Yaqut dalam konferensi pers secara daring, Selasa (6/6).

Baca juga: Kematian Jemaah Haji Tahun Ini Lebih Tinggi Dibanding 4 Tahun Terakhir

Ia mencontohkan misalnya satu pesawat bisa ditempati 480 jemaah tapi pesawat yang datang hanya berkapasitas 405 jemaah sehingga ada 75 jemaah lain harus menunda keberangkatannya. Masalah ini menjadi catatan tertentu yang harus diperbaiki Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan pada musim haji selanjutnya.

"Di kontrak juga ada penalti jika ada keterlambatan tidak sesuai dengan jadwal yang sesuai semua ada pinaltinya, termasuk jemaah yang menunggu lama berlaku ketentuan internasional," kata Gus Menteri sapaan akrab Yaqut.

Baca juga: Cuaca Mekah Panas, Ini Imbauan untuk Jemaah Haji Indonesia

Yaqut menyebut dari Kementerian Perhubungan ada pembicaraan ulang dengan 2 maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudi Airlines agar ke depan tidak ada lagi peristiwa keterlambatan yang mengangkut jemaah. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat