visitaaponce.com

Wapres Minta Maskapai Penerbangan Haji Hindari Delay

Wapres Minta Maskapai Penerbangan Haji Hindari Delay
Ilustrasi penerbangan haji(MI / Heri Susetyo)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap tidak ada lagi kejadian delay atau penundaan penerbangan dalam pemberangkatan jemaah haji. Hal ini terjadi terhadap maskapai Saudi Airline dan Garuda Indonesia.

"Saya harap maskapai memenuhi, apa namanya, jadwal yang sudah disepakati dan dihindari delay itu," ujar Ma'ruf disela kunjungan kerja (kunker) ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (7/6). 

Ma'ruf menjelaskan penundaan keberangkatan mempengaruhi kondisi para calon jemaah. Pasalnya, mereka sebelumnya berangkat dari daerah masing-masing, lalu berkumpul di embarkasi terlebih dahulu.

Baca juga : Dubes Arab Saudi Keluhkan Hambatan Penyaluran Pekerja Migran asal Indonesia

"Jemaah haji kita itu dari kampung-kampung kemudian masuk ke embarkasi-embarkasi, itu cukup melelahkan. Kalau dia harus menunggu lagi itu kelelahannya bertambah lagi, belum nanti sampai ke sana," jelasnya. 

Baca juga : Cara Cek Keberangkatan Haji untuk Mengetahui Perkiraan Keberangkatan

Selain itu, pelaksanaan ibadah haji tahun ini ada banyak jemaah yang masuk kategori lansia. Sehingga dia meminta agar maskapai tidak lagi melakukan penundaan penerbangan. 

"Karena itu supaya maskapai untuk menghindari dan sebisa mungkin jangan sampai ada delay," bebernya.

Keterlambatan penerbangan masih terus terjadi sampai hari ke-13 keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi. Baik dalam penerbangan maskapai Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab meminta maskapai penerbangan serius dalam memperhatikan kenyamanan jemaah haji. Maskapai diminta lebih kooperatif dan informatif.

"Maskapai, baik Saudia Airlines maupun Garuda Indonesia, harus lebih kooperatif dalam menginformasikan setiap perubahan atau keterlambatan penerbangan. Maskapai juga harus lebih solutif," ungkap Saiful, Senin, 5 Mei 2023. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat