visitaaponce.com

Cara Cek Keberangkatan Haji untuk Mengetahui Perkiraan Keberangkatan

Cara Cek Keberangkatan Haji untuk Mengetahui Perkiraan Keberangkatan
Ilustrasi - Ingin tahu kapan anda bisa berangkat haji? Ini cara mengeceknya.(AFP)

MENJALANKAN ibadah Haji merupakan bagian dari rukun Islam dan impian bagi banyak ummat Islam. Tak terelakan banyak orang yang melakukan pendaftaran untuk melakukan perjalanan ke tanah suci. 

Sayangya jumlah pendaftar berbanding terbalik dengan kuota jemaah haji yang diizinkan Pemerintah Arab Saudi. Keterbatasan kuota itu membuat daftar tunggu atau waiting list menjadi semakin panjang. Bagi mereka yang sudah mendaftar untuk haji, jemaah akan diberikan nomor porsi dan berharap dapat segera berangkat.

Saat ini, jemaah dapat memantau perkiraan keberangkatan secara daring melalui fasilitas yang disediakan situs resmi Kementerian Agama. Caranya cukup mudah. Anda tinggal membuka tautan https://haji.kemenag.go.id/v3/. Pengecekan perkiraan keberangkatan dapat dilakukan dengan menggunakan nomor porsi yang tertera dalam bukti setoran awal yang diterima saat mendaftar haji di bank.

Baca juga: Jemaah Haji Mengeluh Antrean Lift di Hotel Madinah Sampai 2 Jam

Bukti setoran awal itu adalah bukti jemaah telah terdaftar sebagai calon peserta haji. Setelah jemaah haji melakukan pembayaran setoran awal sebesar Rp25 juta ke bank, mereka akan mendapatkan bukti setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mencantumkan nomor porsi haji.

Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan tertera dalam bukti setoran awal di bank. Bagi jemaah yang ingin melakukan pengecekan perkiraan keberangkatan, silakan masukkan nomor porsi haji tersebut pada formulir cek porsi haji dan klik tombol cari. Jika Anda merupakan jemaah haji plus, Anda dapat meminta bantuan travel haji plus tempat Anda mendaftar. Jika Anda belum mendapatkan nomor porsi sebagai bukti legal, berarti Anda terdaftar sebagai jamaah oleh Kementerian Agama.

Baca juga: Cuaca Mekah Panas, Ini Imbauan untuk Jemaah Haji Indonesia

Dengan memiliki nomor porsi, Anda adalah jemaah haji dalam kuota Depag Resmi (Haji non-kuota tidak memiliki nomor porsi). Jika Anda tidak dapat melihat perkiraan pemberangkatan calon jemaah haji, kemungkinan situs Kementerian Agama sedang dalam tahap perawatan server atau server sedang overload. Anda dapat melakukan pengecekan porsi haji di waktu lain, misalnya besok atau beberapa hari kemudian.

Untuk mendapatkan perkiraan keberangkatan haji, para jemaah yang telah mendaftar dapat menggunakan aplikasi bernama Pusaka yang tersedia secara online. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan estimasi keberangkatan haji secara daring:

  1. Buka aplikasi Pusaka.
  2. Pilih menu "Islam".
  3. Cari dan pilih menu "Layanan Haji dan Umrah".
  4. Pilih opsi "Estimasi keberangkatan".
  5. Masukkan nomor porsi Anda pada kolom yang tersedia.
  6. Tekan tombol "Cari Nomor Porsi".
  7. Pada tahap akhir pengecekan, Anda akan melihat data estimasi keberangkatan yang meliputi:
  • Nomor Porsi
  • Nama
  • Kabupaten/Kota
  • Provinsi
  • Posisi porsi pada kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus
  • Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus
  • Perkiraan Tahun Berangkat (Masehi)
  • Perkiraan Tahun Berangkat (Hijriyah)

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat