visitaaponce.com

Jemaah Haji Diimbau Istirahat Total Satu Minggu Sebelum Berangkat

Jemaah Haji Diimbau Istirahat Total Satu Minggu Sebelum Berangkat
Kementerian Kesehatan menyerukan calon jemaah haji untuk beristirahat total satu minggu menjelang keberangkatan untuk menjaga kebugaran.(AFP)

KEMENTERIAN Kesehatan menyerukan calon jemaah haji untuk beristirahat total satu minggu menjelang keberangkatan untuk menjaga kebugaran selama menunaikan ibadah haji.

"Jadi walimatusssafar ini harus diingatkan lagi. Kalau bisa seminggu sebelum berangkat jemaah harus istirahat. Jika ingin mengadakan walimatussyafar sebaiknya adakan jauh-jauh hari, " ungkap Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lilik Mahendro Susilo, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (23/3).

Dia mengatakan banyak jemaah yang baru memasukan barang-barang ke koper malam sebelum berangkat, karena sibuk mengadakan walimatussyafar dan menerima tamu.

Baca juga : Petugas Kesehatan Kawal Jemaah Haji Indonesia 24 Jam

Lilik juga mengungkapkan suhu di Arab Saudi mencapai 40 derajat Celsius, bahkan tahun lalu mencapai 50 derajat Celsius. Padahal orang Indonesia terbiasa dengan suhu 30 derajat Celsius.

"Makanya, orang Arab itu gak pernah keluar kalau siang. Di tahap itu gak beraktivitas di luar. Makanya kalau solat ya di masjid yang dekat hotel saja," ujarnya.

Dia menyarankan kalaupun akan melakukan aktifitas di luar untuk memakai pelindung diri seperti topi, masker, dan kacamata.

"Minumnya pakai siasat. Ke toilet kan jauh. Jangan minum opi. Minum air putih. Kalau di hotel minum oralit. Kalau di masjid ini sedikit-sedikit saja maksimal 200 ml maksimal per jam. Sebab letak toilet jauh," ujarnya.

Dia juga menganjurkan jemaah haji mengatur irama kegiatan agar mereka fresh. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat