visitaaponce.com

Petugas Kesehatan Kawal Jemaah Haji Indonesia 24 Jam

Petugas Kesehatan Kawal Jemaah Haji Indonesia 24 Jam
Petugas kesehatan akan memberikan perlindungan maksimal selama 24 jam bagi para jemaah haji Indonesia, selama di Tanah Suci.(Dok.MI)

PETUGAS kesehatan akan memberikan perlindungan maksimal selama 24 jam bagi para jemaah haji Indonesia, selama di Tanah Suci.

"Tim kesehatan akan bergabung dengan kloter, ada tiga petugas setiap kloter. Mereka akan mengawal jemaah selama 24 jam. Dari berangkat sampai pulang," terang Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lilik Mahendro Susilo, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (23/3).

Lilik menerangkan tim petugas kesehatan sudah bekerja menjaga kesehatan jemaah jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan. Hal ini dilakukan supaya jemaah telah mengenal petugas kesehatan dan tidak ragu-ragu berkomunikasi lansung dengan petugas kesehatan.

Baca juga : 320 Peserta Lolos Seleksi Petugas Penyelenggara Haji

"Kita harapkan jemaah haji tahun iini sehat wal afi'at dan melaksanakan ibadah haji," ujarnya. .

Petugas kesehatan juga akan memastikan fasilitas yang akan digunakan jemaah layak atau tidak. 

"Kami tim PKHI (Petugas Kesehatan Haji Indonesia) memastikan lokasi asrama sudah layak sejak enam bulan sebelum pelaksanaan pemberangkatan. Kemudian, satu bulan sebelum asrama digunakan, akan diinspeksi kembali. Satu hari sebelum digunakan akan dilakukan pemeriksaan terakhir," terangnya.

Baca juga : 64.149 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, Sepertiga dari yang Diberangkatkan

Sebelum keberangkatan, pada saat jamaah haji sudah melunasi biaya, petugas kesehatan melakukan pembinaan kesehatan untuk para jemaah. 

"Kami akan lakukan manasik kesehatan, selama 8 kali. Akan kami periksa rutin dan pastikan yang berangkat memiliki kesiapan fisik," terang Lilik.

Di Tanah Suci, setiap hari tim kesehatan akan meminta penyedia catering untuk menyampaikan sampel makanan yang akan disajikan untuk jemaah. Dari PPIH, akan ada petugas dari sanitasi untuk memastikan menu makanan supaya bisa dikonsumsi para jemaah, baik segi rasa ataupun fasilitas. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat