visitaaponce.com

Muhammadiyah Usul Libur Lebaran Idul Adha Tahun Ini Jadi Dua Hari

Muhammadiyah Usul Libur Lebaran Idul Adha Tahun Ini Jadi Dua Hari
Puluhan sapi kurban berjajar di atas trotoar di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu.(MI/USMAN ISKANDAR )

SEKRETARIS Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengusulkan agar libur Idul Adha 1444 Hijriah menjadi dua hari, yakni pada 28 Juni dan 29 Juni 2023.

Ia membeberkan, menurut hasil perhitungan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah ini sangat potensial berbeda dengan Kementerian Agama karena tinggi hilal pada tanggal 29 Zulkaidah 1444 H kurang dari 3 derajat. Atas dasar ini besar kemungkinan Sidang Isbat akan menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 M. Sebagaimana Idul Fitri kemarin, Idul Adha 1444 H juga kemungkinan akan berbeda antara Muhammadiyah dan Pemerintah.

"Hal ini agar warga Muhammadiyah dapat melaksanakan salat Id dengan tenang dan khusyuk," kata Mu'ti Jumat (9/6).

Pasalnya, beberapa tahun yang lalu banyak anggota Muhammadiyah yang telah menjadi PNS dan ASN di berbagai daerah harus berangkat ke kantor pada hari di mana warga Muhammadiyah lainnya sedang melaksanakan salat Id.

Baca juga: Presiden Kurban Sapi Limosin Seharga Rp110 Juta untuk Warga Sigi

Ia menegaskan bahwa usulan itu berlandaskan pasal 29 ayat 2 UUD 1945 yang menyatakan bahwa negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya.

"Barangkali ini ada, syukur bila jadi libur nasional," ucap dia. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat