visitaaponce.com

Libur Nasional, Tanggal 9 Mei 2024 Memperingati Hari Apa

Libur Nasional, Tanggal 9 Mei 2024 Memperingati Hari Apa?
Tanggal 9 Mei 2024 memperingati hari apa?(Ilustrasi)

Tanggal 9 Mei jatuh pada Kamis. Banyak momen penting yang dirayakan di berbagai belahan dunia di setiap harinya. Lantas, tanggal 9 Mei diperingati hari apa saja? Berikut peringatan hari yang jatuh pada 9 Mei.

Hari Kenaikan Yesus Kristus

Pada hari ini masyarakat Indonesia menetapkan hari libur nasional atau tanggal merah untuk memperingati kenaikan Isa Almasi atau Kenaikan Yesus Kristus. Hari Kenaikan Yesus Kristus  ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 251 Tahun 1967.

Peringatan ini merupakan hari raya umat Kristiani yang berlangsung 40 hari setelah kebangkitan Yesus (Paskah). Umat ​​​​Kristen biasanya pergi ke gereja untuk Misa dan berdoa bersama.

Baca juga : Seruan Masa Kanak-Kanak Bebas Ponsel Pintar di Inggris

Menurut Perjanjian Baru dalam Alkitab, Yesus disalibkan pada hari Jumat Agung dan kemudian bangkit dari kematian tiga hari yang yang disebut sebagai Minggu Paskah. 

Hari Kesadaran Kesehatan Mental Anak Nasional di Amerika

Selain itu, tanggal 9 Mei 2024 adalah Hari Kesadaran Kesehatan Mental Anak Nasional di Amerika Serikat, yang merupakan acara tahunan yang diadakan pada hari Kamis pertama di bulan Mei. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental setiap anak.

Permasalahan kesehatan mental menjadi perhatian serius di masyarakat, terutama mengenai kesejahteraan anak. Menurut CDC, 1 dari 6 anak berusia antara 2 hingga 8 tahun mengalami gangguan mental atau perilaku. Penyebab buruknya kesehatan mental pada anak umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan dan keluarga.
 
Anak-anak dengan penyakit mental yang parah dan gangguan emosi yang parah memerlukan perawatan dan pengobatan penuh waktu. Adanya hari kesehatan mental anak ini akan membantu anak-anak mendapatkan terapi dan sebagai orang tua, diharapkan tidak ragu untuk membawa anaknya menjalani terapi.

Baca juga : Studi: Orang yang Sering Keluar Rumah Lebih Sehat Fisik dan Mental

Clifford Beers, pada tahun 1909 mendirikan Mental Health America (M.H.A.). Organisasi ini mempromosikan upaya penelitian untuk  lebih memahami masalah ini. Dan pada tahun 2005, Administrasi Layanan Penyalahgunaan Zat dan  Kesehatan Mental (S.A.M.H.S.A.) menyelenggarakan Hari Kesadaran Kesehatan Mental Anak Nasional yang pertama. Tahun 2024, peringatan tersebut jatuh pada tanggal 9 Mei.

Hari Pembebasan Guernsey

Tanggal 9 Mei juga merupakan hari penting bagi Britania Raya, Inggris. Perayaan ini adalah Hari Pembebasan Guernsey.

Pulau Guernsey secara resmi diduduki oleh Jerman pada tanggal 30 Juni 1940, kira-kira delapan bulan setelah dimulainya Perang Dunia II. Meskipun pulau ini bukan bagian dari Britania Raya, namun Inggris bertanggung jawab atas pertahanan dan hubungan internasionalnya.
Namun, ketika pesawat Jerman salah mengira sekelompok truk tomat sebagai konvoi pasukan dan mengebom pelabuhan ibu kota paroki, St Peter Port, pemerintah Inggris memutuskan untuk membiarkan Guernsey tidak dipertahankan.
 
Guernsey baru dibebaskan sehari setelah Churchill mengumumkan berakhirnya perang pada tahun 1945. Oleh karena itu, Hari Pembebasan Guernsey diciptakan untuk mengingatkan akan ketahanan penduduk pulau Guernsey dan rasa kebebasan yang menyertainya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat