visitaaponce.com

Kedutaan Besar India Rayakan Hari Yoga Internasional ke-9 di Pelabuhan

Kedutaan Besar India Rayakan Hari Yoga Internasional ke-9 di Pelabuhan
Para peserta perayaan Hari Yoga Internasional yang diadakan Kedubes India di Jakarta.(MI/Meilani Teniwut)

KEDUTAAN Besar India di Jakarta merayakan Hari Yoga Internasional ke-9 pada 17 Juni 2023 bersama dengan pertemuan besar para penggemar yoga di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (6/17).

Lebih dari 100 orang menghadiri perayaan Hari Yoga Internasional yang mengusung tema, "Ocean Ring of Yoga". 

Yoga dikenal sebagai sebuah olahraga yang melibatkan latihan olah tubuh, pernafasan, dan meditasi. Dengan melakukan senam yoga di alam terbuka tentu memberikan sensasi yang berbeda dibangdikan di dalam ruangan.

Baca juga: Yoga Bisa Bantu Ibu Hamil Relaks 

Hal ini juga dirasakan oleh salah satu peserta yoga yang juga mengikuti senam yoga di atas kapal INS Shivalik, bersama peserta lainnya.

"Aku awalnya tahu kegiatan ini dari flyer dari teman. Karena saya juga suka dengan senam-senam, jadi, pas tahu kegiatan ini saya jadi senang juga, apalagi ini dengan orang India. Dan biasanya yoga itu di tempat tertutup dan pas tahu ini yoga di tempat yang terbuka rasanya enak sih, dan udaranya lebih terbuka. Sementara kalau di dalam ruangan kan biasa tertutup jadi hanya bisa di AC saja. Jadi karena ini di pelabuhan jadi ini lebih enak," tutur Wati.

Sementara itu, menurut Commanding Officer INS Shivalik Captain Akash Chaturvedi, kegiatan yoga yang dilakukan di atas kapal bertujuan untuk  merayakan Hari Yoga Internasional.

Baca juga: Ingin Mencoba Yoga? Ini Pose yang Cocok untuk Pemula

"Kami di sini untuk merayakan Hari Yoga International ke-9 . Dari pihak India diantarkan ke sini dalam jangka selama tiga hari yaitu 17-20. Sedangkan 21 Juni itu, setiap tahun diperingati sebagai Hari Yoga International. Jadi perayaan akan berlanjut selama tiga hari dan kami akan menyebarkan informasi yoga ini," ucapnya.

Adapun perayaan yoga serupa dengan tema “Vasudhaiva Kutumbakam” juga akan digelar di Beacon Academy, Jakarta pada 18 Juni, kemudian di Taman Suropati, Jakarta pada 24 Juni, dan Yogyakarta pada 25 Juni.

Dalam perayaan tersebut, PPYNI (Perhimpunan Praktisi Yoga Nasional Indonesia), YogaFit, dan Art of Living turut mendukungnya.

Perayaan ini dilakukan untuk untuk membangun Jembatan Persahabatan melalui samudera dan lautan yang menyatukannya. Kunjungan niat baik yang unik oleh INS Shivalik selaras dengan konsep IDY tahun ini yaitu Ocean Ring of Yoga.

Selain itu, dalam perayaan ini juga bertujuan memberikan Pemerintah India platform untuk terlibat dengan teman-teman Indonesia untuk menyebarkan pesan 'Yoga untuk Satu, Yoga untuk Semua' berdasarkan pemikiran India kuno dan tema Presidensi G20 saat ini 'Vasudhaiva Kutumbakam" - Satu Bumi - Satu Keluarga - Satu Masa Depan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat