visitaaponce.com

Tanamkan Pancasila dan Toleransi, SDIT Al Hikmah Bintara Gelar Pentas Karya P5

Tanamkan Pancasila dan Toleransi, SDIT Al Hikmah Bintara Gelar Pentas Karya P5
Gelar Karya P5 di SDIT Al Hikmah Bintara(Dok. SDIT Al Hikmah Bintara)

SDIT Al Hikmah Bintara menggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema ‘Merajut Keberagaman, Membangun Bangsa.’ 

Tema itu diambil untuk mengingatkan kembali pentingnya persatuan serta menghargai setiap perbedaan yang ada. Tidak hanya bagi siswa dan siswi, tetapi juga seluruh keluarga besar sekolah.

“Diharapkan acara ini menjadi wadah tidak hanya untuk siswa dan siswi, tetapi juga kepada guru serta orang tua atau wali murid agar bisa bersama-sama mempelajari untuk menghargai perbedaan,” ujar Irsan Anwar, Kepala SDIT Al Hikmah Bintara.

Baca juga : Contoh Yel-yel MPLS Keren untuk SMA, SMK, dan SMP

Kepala salah satu sekolah favorit ini juga berharap,kegiatan gelar karya ini bisa menjadikan siswa sebagai warga negara yang senantiasa menghargai perbedaan sekaligus sebagai warga negara yang senantiasa selalu semangat menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al Hikmah Bintara, Farid Helmy mengharapkan agar para peserta, khususnya para peserta didiknya bisa memahami sekaligus menghargai setiap perbedaan yang ada.

Baca juga : Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah dan Institut Leimena Gelar Pelatihan LKLB Ke-10

“Berbagai macam perbedaan yang ada itu bisa menjadi garda dalam membangun bangsa,” tuturnya sebelum membuka acara yang berlangsung di lapangan SDIT Al Hikmah Bintara tersebut. 

Berbagai karya yang ditampilkan para siswa di acara ini. Mulai dari pagelaran drama sampai pertunjukan pakaian adat yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu disajikan juga berbagai karya dan makanan khas daerah melalui stand-stand kreatif yang diprakarsai oleh para guru dan orang tua siswa. 

Sebagaimana kita ketahui, melalui kurikulum merdekanya, pemerintah optimistis bisa menghasilkan profil pelajar yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. 

Adapun profil pelajar Pancasila tersebut memiliki 6 dimensi yakni Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, serta kreatif. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat