visitaaponce.com

Berbeda Tanggal Idul Adha dengan Pemerintah, Muhammadiyah Tidak Usah Diperdebatkan

Berbeda Tanggal Idul Adha dengan Pemerintah, Muhammadiyah: Tidak Usah Diperdebatkan
Ilustrasi(Antara)

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023. Penetapan tersebut berbeda dengan yang ditentukan Pemerintah. Melalui Sidang SIbat, pemerintah menentukan 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Terkait dengan perbedaan waktu perayaan Raya Idul Adha, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Irwan Akib mengungkapkan itu tidak menjadi masalah karena didasari keyakinan masing-masing.

Ia pun meminta warga Muhammadiyah tidak mendebat atau mencemooh ketentuan kelompok lain, termasuk pemerintah.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 29 Juni 2023

“Tidak usah lagi diperdebatkan. Mari melaksanakannya sesuai keyakinan masing-masing, tidak perlu saling menyinggung di media sosial sampai masuk pada ranah hukum, seperti pada pelaksanaan Idul Fitri yang lalu,” ucap Irwan, Senin (19/6).

Ia mengajak warga MUhammadiyah bijaksana dalam menggunakan media sosial. Teknologi, sambungnya, akan lebih baik juga dimanfaatkan untuk bersilaturahmi, bukan untuk berdebat apalagi menghina kelompok lain.

Baca juga: Wapres Minta Perbedaan Tanggal Idul Adha Tidak Menjadi Polemik

“Kita berharap seluruh komponen masyarakat memiliki paham yang sama, bagaimana kita membangun bangsa ini secara bersama-sama tanpa harus terjadi perpecahan,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat