visitaaponce.com

Cek Bansos 2023 BPNT, BST, PKH Lewat HP, Link Download Aplikasi Resmi Kemensos RI

Cek Bansos 2023 BPNT, BST, PKH Lewat HP, Link Download Aplikasi Resmi Kemensos RI
Ilustrasi Bantuan Sosial dari Kemensos.(Antara)

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mengeluarkan beberapa program bantuan sosial (bansos). Ada beberapa jenis bansos yang diadakan pemerintah, yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait bansos tersebut, pemerintah menyediakan aplikasi dan website agar untuk dipakai masyarakat penerima bansos.

Bansos adalah program bantuan yang ditujukan untuk membantu masyarakat yang berada dalam kondisi ekonomi kurang mampu atau terdampak oleh situasi tertentu, seperti bencana alam, pandemi, atau krisis ekonomi. Program bansos bertujuan untuk mengurangi beban ekonomi dan memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Penyaluran Bansos Tidak Tepat Sasaram, Begini Respon Kemensos

Fungsi Aplikasi Cek Bansos

1. Verifikasi Bantuan Sosial

Fitur utama dari aplikasi ini adalah untuk memverifikasi penerimaan bantuan sosial. Terdapat tiga jenis bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial RI, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bantuan Nasional Pemberdayaan Mandiri (BNPT). Penerima bantuan sosial ini merupakan mereka yang memenuhi syarat dan layak menerima bantuan.

2. Usulan Bantuan Sosial

Selain digunakan untuk memverifikasi bantuan sosial, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengusulkan penerimaan bantuan sosial. Artinya, Anda dapat mengusulkan orang yang menurut Anda layak menerima bantuan sosial, tetapi belum terdaftar oleh pemerintah.

Namun, penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat secara sembarangan mengusulkan orang untuk menerima bantuan sosial. Jangan sampai memalsukan data, karena selain akan ditolak, tindakan tersebut juga melanggar hukum. Sebaiknya, usulkan orang yang benar-benar memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial.

Baca juga: Kemensos Bekukan 10.249 Penerima Bansos yang tidak Sesuai Klasifikasi

3. Sanggahan Bantuan Sosial

Apakah aplikasi cek bansos ini resmi dari pemerintah? Tentu saja, aplikasi ini merupakan inovasi dari Kementerian Sosial RI yang mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam penyaluran bantuan sosial yang akurat dan tepat sasaran.

Oleh karena itu, terdapat fitur yang disebut sanggahan di dalam aplikasi ini. Apa maksudnya? Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur usulan di atas. Jika usulan berarti mengusulkan orang untuk menerima bantuan sosial, maka sanggahan berarti menyanggah status penerima bantuan sosial karena alasan tertentu.

Cara Cek Bansos 2023 Melalui Aplikasi

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa status penerimaan bantuan sosial (bansos) melalui aplikasi Cek Bansos:

1. Unduh aplikasi Cek Bansos ke perangkat Anda.

2. Buka aplikasi Cek Bansos yang telah diunduh sebelumnya.

3. Selanjutnya, masuk ke aplikasi menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Setelah masuk, pilih menu penerima bansos.

5. Tentukan wilayah tempat penerima bantuan berada.

6. Masukkan nama penerima sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

7. Klik tombol "Cari".

Jika informasi yang muncul menunjukkan bahwa penerima tersebut telah terdaftar sebagai penerima bansos, Anda dapat segera mencari bantuan yang diperlukan atau mengikuti instruksi yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

Link Download Aplikasi Cek Bansos 2023 BPNT BST PKH

#

Semoga bermanfaat!

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat