visitaaponce.com

PPIH Upayakan Jemaah Haji Lansia Pulang Lebih Awal setelah Safari Wukuf

PPIH Upayakan Jemaah Haji Lansia Pulang Lebih Awal setelah Safari Wukuf
Jemaah haji lanjut usia (lansia) dibantu jemaah lain menaiki bus, di Mina.(Media Center Haji 2023)

JEMAAH haji lanjut usia (lansia) diupayakan untuk bisa pulang ke Tanah Air lebih awal daripada jadwal kepulangan kloter ibadah haji mereka. Ini teruratama berlaku untuk jemaah yang mengikuti safari wukuf.

Kepala Bidang Layanan Jemaah Lansia dan Disabilitas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Slamet mengemukakan itu, Sabtu (1/7/2023).

"Program berikutnya kita ingin jemaah haji yang kita safariwukufkan bisa kita tanazulkan atau pulang lebih awal ke Tanah Air," tutur Slamet.

Baca juga: Jalur ke Mahbas Jin Macet, Sebagian Jemaah Pilih Jalan Dikawal Petugas

Slamet mengatakan jemaah-jemaah lansia yang disafariwukufkan ketika di Arafah bisa memanfaatkan kursi-kursi kosong pemulangan jemaah haji ke Tanah Air. Pemulangan jemaah haji Indonesia akan berlangsung bertahap mulai Jumat (4/7).

Sebelumnya, Ketua PPIH Subhan Cholid mengatakan jemaah lansia dan disabilitas yang disafariwukufkan berjumlah 240 orang. Pada 9 Zulhijah (27 Juni) lalu, mereka dijemput dari lima hotel dengan menggunakan enam bus dan diberangkatkan ke Arafah.

Mereka dari sisi medis tidak masuk kriteria Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) untuk ikut safari wukuf dari KKHI. Adapun KKHI memberangkatkan 238 jemaah yang sakit.

Baca juga: Separuh Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Mina

Menurut Slamet, jemaah-jemaah lansia yang akan dipulangkan lebih awal itu rata-rata pengguna kursi roda. Mereka memerlukan bantuan di hampir seluruh keperluan pribadi, seperti makan, bersuci, dan mandi.

"Awal masuk secara psikologis banyak yang depresi dalam posisi komunikasi sulit, tapi alhamdulillah (kini) mereka sudah semuanya bisa diajak komunikasi semuanya bisa senyum dan alhamdulillah mereka ya bisa melaksanakan wukuf sebagai inti ibadah haji sudah selesai," papar Slamet.

Jemaah safari wukuf, kata Slamet, sudah diwakilkan untuk lempar jumrah di Mina. Demikian juga untuk pelaksanaan tawaf ifadah.

"Nanti akan diselesaikan oleh kloter masing," tandas Slamet.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Kesehatan Haji Terpadu (Siskohat), jumlah jemaah haji lansia yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 61.536 orang. Total ada 209.782 jemaah haji Indonesia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat