visitaaponce.com

Menanti Kembalinya Manusia Jawa ke Indonesia

Menanti Kembalinya Manusia Jawa ke Indonesia
Fosil Homo Erectus (Manusia Jawa) temuan Eugene Dubois pada 1891 silam yang disimpan Belanda di Museum Naturalis.(AFP/REMKO DE WAAL )

RATUSAN koleksi budaya bersejarah Indonesia yang disimpan Belanda akan dikembalikan hari ini, 10 Juli 2023. Salah satunya adalah koleksi fosil Manusia Jawa yang ditemukan Eugene Dubois .

Permintaan pengembalian (repatriasi) benda bersejarah ini sudah dilakukan sejak lama. Secara resmi, pemerintah Indonesia meminta pemerintah Belanda untuk mengembalikan delapan benda bersejarah yang disimpan di sejumlah museum di sana.

Dalam surat Ditjen Kebudayaan Kemendikbud-Ristek tertanggal 1 Juli 2022 kepada Menteri Muda Urusan Kebudayaan dan Media (Staatsecretaries voor Cultur en Media) Gunay Uslu, delapan benda bersejarah itu tersimpan di empat museum berbeda.

Baca juga : Belanda Kembalikan Ratusan Objek Seni yang Dicuri Selama Era Kolonial

Keempat museum tersebut adalah Nationaal Museum van Wereldculturen, Naturalis Museum, Museum Bronbeek, dan Rijks Museum.

Adapun delapan koleksi bersejarah yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Seratus tiga puluh dua karya koleksi Pita Maha.

2. Tali kekang kuda milik Pangeran Diponegoro

Baca juga : Indonesia Minta Belanda Pulangkan Delapan Benda Bersejarah

3. Al-Qur'an milik Teuku Umar

4. Mahkota atau emblem Kerajaan Luwu

5. Patung Kerajaan Singasari

6. Keris Puputan Klungkung

7. Benda Jarahan Ekspedisi Lombok 1894

8. Fosil Homo erectus (Manusia Jawa) temuan Eugene Dubois.

 

Alquran diduga milik pahlawan Aceh Teuku Umar di The Rijks Museum in Amsterdam, Belanda. (Sumber : AFP)

 

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pada Juli 2023, Belanda menyatakan akan mengembalikan ratusan objek seni bernilai sejarah yang telah dicuri, dirampok, atau dipindahtangankan secara tidak sah lainnya selama masa kolonial. Keseluruhan objek meliputi Harta Karun Lombok yang terdiri dari 335 objek dari Lombok, kemudian empat arca dari Singasari, sembilan keris dari Klungkung dan 132 benda seni rupa modern dari Bali yang dikenal dengan koleksi Pita Maha.

"Atas permintaan Indonesia dan Sri Lanka, Belanda akan mengembalikan 472 objek budaya penting ke Indonesia dan enam lainnya ke Sri Lanka. Benda-benda itu dibawa secara tidak sah ke Belanda selama masa kolonial, diperoleh di bawah paksaan atau dengan penjarahan," ungkap keterangan resmi Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Kamis (6/7). (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat