visitaaponce.com

Pandawara Group Gugah Kesadaran Publik akan Pentingnya Menjaga Lingkungan

Pandawara Group Gugah Kesadaran Publik akan Pentingnya Menjaga Lingkungan
Pandawara Group berdiri di Pantai Sukaraja Lampung, pantai terkotor nomor dua di Indonesia.(Instagram/Pandawara Group)

Aksi Pandawara Group, kelompok pemuda asal Bandung, Jawa Barat, yang menginisiasi pembersihan sampah di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung, viral di jagat maya.

Kelompok yang beranggotakan Gilang, Rafly, Agung, Rifki, dan Ihsan itu sebelumnya mengunggah sebuah konten ajakan kepada masyarakat Lampung untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan Senin (10/7). Hasilnya, sekitar 3.400 warga Lampung terlibat dalam aksi tersebut. Mereka berhasil mengangkut 300 ton sampah.

Tercatat, sudah puluhan kali Pandawa Group melakukan aksi bersih-bersih pantai dan sungai. Pandawa Group sengaja mengunggah semua kegiatan mereka di sosial media dengan harapan dapat mengajak lebih banyak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Tarik Wisatawan, Sukarelawan Ini Bersih-Bersih Pantai di Cianjur

"Kita selalu berterima kasih kepada TikTok karena TikTok yang membantu kami untuk memperluas suara dan gerakan kami. Impian terbesar kami dari hari ini hingga masa depan adalah simpel. Kami ingin semua sampah yang dihasilkan oleh semua manusia berada pada tempat yang benar," ucap Gilang.

Dalam sebuah wawancara, Pandawara Group mengaku mengawali aksi bersih-bersih lingkungan dimulai dari lingkungan rumah mereka. Saat itu, banjir yang sering menerjang Kopo, Bandung, membuat mereka gerah dan akhirnya melakukan aksi.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Bersihan 135 Pantai Serentak

"Kita korban dari masalah sampah. Kita kepikiran membersihkan sampah di sekitar rumah kita karena masalah banjir yang tidak pernah beres sampai sekarang. Tapi sebanyak apapun sampah yang kita bersihkan tidak akan pernah beres kalau kesadaran masyarakat Indonesia masih kurang," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat