visitaaponce.com

SDN 1 Setono Ponorogo Hanya Dapat 1 Murid Baru Tahun Ini

SDN 1 Setono Ponorogo Hanya Dapat 1 Murid Baru Tahun Ini
SDN Setono Ponorogo, Jawa Timur(Kemendikbud)

Sekolah Dasar Negeri 1 Setono di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, nyaris tidak mendapat peserta didik baru. Mereka telah berupaya menarik murid dengan memberi fasilitas berupa seragam gratis dan uang tabungan, namun hingga masa Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) usai, hanya satu anak yang mendaftar.

"Tahun lalu SD kami ada lima anak yang mendaftar. Tahun ini bahkan hanya satu," kata Kepala SDN 1 Setono, Prayitno, di Ponorogo, Jawa Timur, Senin (17/7).

Penurunan minat calon siswa untuk bersekolah di SDN 1 Setono disebut sudah terlihat sejak beberapa tahun terakhir. Prayitno menduga penyebabnya bukan lantaran calon peserta didik yang semakin sedikit, tetapi dipengaruhi keberadaan madrasah ibtidaiah serta orientasi orang tua calon siswa yang kini cenderung menyekolahkan anak di sekolah berbasis agama.

Baca juga: Pendaftaran 4.791 Siswa Dibatalkan karena Curang saat PPDB, Pengamat: Langkah Baik

"Area wilayah SD Setono itu cuma satu dukuh. Kebanyakan sekarang sudah masuk madrasah," tuturnya.

Untuk sementara, satu siswa murid baru yang masuk akan tetap diajar meskipun hanya sendiri. Pihak sekolah juga mengaku masih membuka pendaftaran secara tatap muka, dengan harapan ada tambahan murid baru.

Baca juga: Ombudsman Minta Kepala Daerah Tindak Tegas Pelaku Kecurangan saat PPDB

"Sekarang memang masih jauh dari harapan, tapi kita masih buka pendaftaran secara tatap muka semoga ada tambahan murid baru," ucapnya.

Prayitno berharap tahun depan dinas pendidikan bisa membantu mempromosikan SDN 1 Setono sehingga ada banyak murid yang mendaftar. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat