visitaaponce.com

Lebih dari 60 Jemaah Haji Indonesia sudah Kembali ke Tanah Air

Lebih dari 60% Jemaah Haji Indonesia sudah Kembali ke Tanah Air
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief.(Dok. MCH 2023)

SEBAGIAN besar jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Air. Proses pemulangan jemaah haji dari Arab Saudi kini berlangsung hanya melalui Bandara Amir bin Abdul Aziz (AMAA).

"Kami terus memproses kepulangan jemaah. Alhamdulillah lebih dari 60% sudah kembali ke Tanah Air," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief, Jumat (21/7).

Hilman lantas menjelaskan tentang progres pencarian jemaah-jemaah haji yang belum diketahui keberadaannya sejak pelaksanaan puncak haji. Berkat kegigihan tim pencari, hanya tersisa satu jemaah yang belum ditemukan.

Baca juga : 106.298 Jemaah Haji Tercatat Sudah Tiba di Tanah Air

"Alhamdulillah dari sekian puluh yang hilang sudah ditemukan tinggal tersisa 1 orang yaitu jemaah dari Palembang yang sampai saat ini belum ditemukan," tutur Hilman.

Satu jemaah yang masih dicari bernama Idun Rohim Zen, 87, yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang (PLM-20). Hilman meminta kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan agar jemaah haji asal Palembang, Sumatra Selatan itu bisa ditemukan.

Baca juga : Tiga Desain Penyelenggaraan Haji Disiapkan, Durasi Bisa Lebih Pendek

"Mohon doanya dari masyarakat Indonesia agar segera bisa ditemukan agar memberikan ketenangan dan kepastian buat keluarga jemaah tersebut," ujarnya.

Sampai dengan pekan kedua setelah puncak haji usai pada 1 Juli lalu,  semlat ada tiga jemaah haji Indonesia yang masih dicari karena dilaporkan hilanh saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina).

Selain Idun Rohim Zen, ada Suharja Wardi Ardi, 69, dari kloter 10  Embarkasi Kertajati (KJT-10), dan Niron Sunar Suna, 77, dari kloter 65 Embarkasi Surabaya (SUB-65).

Dua diantaranya telah ditemukan meninggal dunia yakni, Niron ditemukan meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) An-Noor, Mekah. Selanjutnya, jenazah Suharja ditemukan di RS Mu'aisyim, Mina, Mekah. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat