visitaaponce.com

Orangtua Juga Bisa Sebabkan Masalah Makan pada Anak

Orangtua Juga Bisa Sebabkan Masalah Makan pada Anak
Ilustrasi(Freepik)

PSIKOLOG dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengingatkan masalah makan pada anak juga bisa diakibatkan dari pola makan yang orangtua terapkan sehari-hari pada si kecil.

"Praktik orangtua dalam memberi makan, orangtua yang juga memiliki feeding difficulties, atau sering menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman dapat berkontribusi pada kebiasaan pilih-pilih makanan atau picky eaters pada anak," jelas Vera, dikutip Kamis (3/8).

Selain itu, Vera menjelaskan pemberian variasi menu makanan yang terbatas juga menyebabkan anak memiliki masalah sulit makan. Padahal, makanan bervariasi dengan ragam rasa dan tekstur penting diajarkan sejak dini untuk mengembangkan penerimaan makanan.

Baca juga : Perbaikan Jadwal Makan Bisa Atasi Anak Susah Makan

"Lingkungan makanan di rumah termasuk ketersediaan makanan yang berbeda dan kebiasaan makan anggota keluarga, dapat mempengaruhi pilihan dan preferensi makanan anak," ungkap Vera.

Vera lalu menambahkan jika anak memiliki pengalaman negatif dengan makanan tertentu, mereka mungkin tidak menyukai makanan itu dan ragu mencobanya lagi.

Faktor emosional lain, seperti stress, perubahan rutinitas, atau kecemasan juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan keinginan anak mencoba makanan baru, yang berujung memicu anak susah makan.

Baca juga : Orangtua Diingatkan untuk Menerapkan Makan Terjadwal pada Anak

Di sisi lain, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Muliaman Mansyur menyatakan masalah makan (feeding difficulties) sendiri memiliki bentuk, jenis, dan gejala yang bermacam-macam.

"Misalnya ada anak seperti anak tidak atau kurang nafsu makan, anak yang pilih-pilih jenis makan, dan anak yang maunya jenis makanan tertentu (picky eaters), anak yang tidak mau makan sama sekali atau makannya sedikit, anak yang tidak bisa menelan makanan karena berbagai sebab," kata Muliaman.

"Penyebab masalah makan sendiri disebutkan memang paling banyak karena faktor psikologis, pola asuh, ataupun karena makanan itu sendiri. Hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja tetapi harus diperhatikan red flags karena gangguan organik seperti anak sakit, demam, gusi bengkak, sakit menelan, mual muntah, dan gangguan saluran cerna serta penyakit lain seperti gangguan motorik dan sensorik di area mulut sampai ke pencernaan," sambungnya.

Baca juga : Masalah Makan Sebabkan Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Muliaman mengatakan, masalah makan ini harus diatasi dengan mengobati masalah organisnya, psikologis, dan nutrisi anak agar tumbuh kembang sang buah hati bisa tetap optimal. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat