visitaaponce.com

Kiat Makan Steak Agar Tetap Sehat dan Rendah Lemak

Kiat Makan Steak Agar Tetap Sehat dan Rendah Lemak
Ilustrasi makan streak rendah lemak(Freepik)

Dalam sebuah acara konferensi pers di Jakarta, koki selebriti Yuda Bustara memberikan kiat praktis bagi para pecinta steak untuk menikmati hidangan yang lezat namun tetap sehat dengan memilih bagian daging yang tepat.

Yuda Bustara menekankan pentingnya memilih bagian daging yang rendah lemak dan sedikit serat marbling untuk mempertahankan kesehatan tanpa mengurangi kenikmatan makan.

"Kalau lagi diet dan ingin makan steak tanpa terasa berat, pilihlah bagian yang lebih rendah lemak. Kita harus terbiasa untuk tidak mengonsumsi bagian lemak. Meskipun lebih keras, pilihan kematangan seperti medium atau medium rare akan membuat steak terasa lebih nikmat," ungkapnya dikutip melalui Antara, Selasa (2/7).

Baca juga : Mau Membuat Steak Wagyu Ala Chef Yuda Bustara? Yuk Simak Tips Berikut

Menurut Yuda, tenderloin adalah pilihan utama bagi mereka yang mengutamakan rendahnya kandungan lemak dalam daging, karena bagian ini terletak di bagian tubuh sapi yang minim gerakan, sehingga memiliki sedikit otot.

Selain tenderloin, Yuda juga menyarankan untuk memilih daging sapi organik yang diberi makan rumput liar (grass fed), yang cenderung lebih sehat karena bebas dari penggunaan pakan yang mengandung hormon atau zat tambahan lainnya.

Yuda juga memberikan tips mengenai tingkat kematangan daging yang sesuai dengan selera masing-masing.

Baca juga : HW Group Hadirkan Steakhouse di Central Park Mall Jakarta

"Steak bisa lebih empuk dengan tingkat kematangan mulai dari rare hingga well done, tergantung preferensi masing-masing. Penggunaan peralatan memasak yang tepat seperti panci cast iron atau air fryer dapat membantu untuk memastikan tekstur yang tepat di luar dan dalam daging," jelasnya.

Namun, Yuda juga mengingatkan untuk menghindari jenis daging meltique yang diolah dengan proses injeksi lemak.

"Meltique sebenarnya adalah daging yang disuntik dengan lemak untuk memberikan rasa lebih juicy, namun proses ini dapat mengurangi nilai gizi daging dan membuatnya terasa berat," tambahnya.

Baca juga : Mencegah Gangguan Kesehatan Selama Idul Adha dengan Telemedisin

Terakhir, Yuda Bustara menyarankan untuk memilih saus pendamping yang lebih sehat, seperti saus segar atau saus rempah dengan bahan-bahan alami.

"Saus chimicurri atau saus khas Indonesia dengan rempah seperti andaliman dapat menjadi pilihan alternatif yang menyegarkan untuk menemani hidangan steak," tutupnya.

Dengan memperhatikan tips dari Yuda Bustara, diharapkan para pecinta steak dapat menikmati hidangan favorit mereka tanpa mengorbankan kesehatan dan kelezatan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat