visitaaponce.com

Mau Membuat Steak Wagyu Ala Chef Yuda Bustara Yuk Simak Tips Berikut

Mau Membuat Steak Wagyu Ala Chef Yuda Bustara? Yuk Simak Tips Berikut
Membuat steak daging wagyu enak ala Chef Yuda Bustara(MI/Eve Candela F)

PECINTA daging harus tahu bahwa Anda bisa memasak steak dengan kematangan sempurna tanpa memerlukan banyak bahan. Salah satunya membuat steak wagyu.

Wagyu adalah jenis daging sapi Jepang yang teksturnya berair atau juicy. Karenanya, daging sapi wagyu memiliki jaringan lemak yang tersebar di seluruh dagingnya sehingga membuatnya sangat juicy.

Pada acara NSW Beef Escapade yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis (2/5), Coocking Instructor, Chef Yuda Bustara berbagi tips memasak steak dengan kematangan sempurna tanpa menggunakan banyak bahan.

Baca juga : Hindari Proses Marinasi Daging di Suhu Ruang

Menurut Yuda, kematangan steak bisa diatur dengan berbagai cara sesuai selera masing-masing. Bisa matang sempurna (well done), setengah matang (medium rare), tiga perempat matang (medium), dan bahkan seperempat matang (rare).

"Untuk tingkat kematangan steak itu berbeda-beda. Kematangan steak pun disesuaikan dengan selera masing-masing," jelas Chef Yuda Bustara kepada awak media dalam Kick Off NSW Beef Escapade di Jakarta, (2/5).

Ia juga mengatakan jika menggunakan daging berkualitas tinggi, tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuat steak. Sedikit garam dan merica saja sudah bisa membuat ketagihan siapa pun yang memakannya.

Baca juga : HW Group Hadirkan Steakhouse di Central Park Mall Jakarta

"Kalau dagingnya udah bagus itu gak perlu tambahan bumbu apa-apa lagi sebenarnya. Jadi kami akan memakai daging wagyu Wild Rivers, langkah awal cukup di marinasi dengan garam saja,” ujar Yuda.

"Untuk merica, lebih baik taruh di akhir setelah steak sudah matang. Karena kalau ditaruh di awal akan membuat gosong jika pannya terlalu panas," imbuhnya.

Yuda menyarankan untuk memastikan wajan dalam keadaan panas sebelum memasukkan daging ke dalam pemanggang untuk dimasak. Hal ini dilakukan agar bagian luar steak dapat terlihat garing di bagian luarnya.

Baca juga : Chef Stefu Beri Tips Mengolah Daging Kurban

Selain itu, Chef Yuda Bustara menjelaskan sebaiknya steak tidak terlalu sering dibalik saat dimasukkan ke dalam wajan. Biarkan masak daging sepenuhnya di satu sisi agar tidak berantakan.

Tak hanya itu, jika memilih daging berlemak seperti sirloin, Yuda menyarankan untuk tidak menambahkan mentega atau butter agar tidak mengubah cita rasa. Oleh karena itu, biarkan lemak pada daging akan meleleh dan dimasak bersamaan dengan daging.

“Di Indonesia banyak orang taunya masak steak itu pake butter atau oil lagi. Sebenernya kalo udah ada lemaknya itu udah gak perlu lagi,” jelasnya.

Baca juga : Tips Menyimpan Daging di Suhu Ruang atau Luar Kulkas

Mengenai waktu pemasakan, Yuda menjelaskan bahwa waktu pemasakan berbeda-beda tergantung dari berat masing-masing jenis steak. Namun, ia memperkirakan dibutuhkan waktu 5 hingga 7 menit untuk daging dengan berat 250 gram agar mencapai kematangan sedang.

“Sebenernya ini pertanyaan yang agak sulit karena tergantung besar dagingnya. Tapi kalo kira-kira beratnya 250 gram, itu sekitar lima sampai tujuh menit,” ucap Yuda.

Acara NSW Beef Escapade dimulai pada 2 Mei 2024 di Ranchi Market Lotte Shopping Avenue dan akan berlanjut hingga 2 Juni 2024. Acara ini juga akan digelar di empat cabang Ranch Market di Jakarta, antara lain Ranch Market Lotte Shopping Avenue, Ranch Market Oakwood (Mega Kuningan), Ranch Market Pondok Indah, dan Ranch Market Kemang. (Z-10)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat