visitaaponce.com

ICATI Gelar Pameran Pendidikan Taiwan 2023 dan Tawarkan Beasiswa

ICATI Gelar Pameran Pendidikan Taiwan 2023 dan Tawarkan Beasiswa
Ikatan Citra Alumni Taiwan se-Indonesia (ICATI) menggelar konferensi pers di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Jumat (4/8)(Ist)

IKATAN Citra Alumni Taiwan se-Indonesia (ICATI) kembali akan menggelar pameran pendidikan dalam tajuk 2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEFI) tahun ini.

ICATI sendiri sebuah perkumpulan alumni Taiwan yang bersifat nirlaba yang salah satu misinya ialah berdedikasi pada pendidikan nasional, khususnya dalam meningkatkan hubungan pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Taiwan.

2023 THEFI bertujuan untuk meningkatkan pertukaran program studi antara universitas dan sekolah menengah di Indonesia dengan universitas di Taiwan dengan target perekrutan ialah siswa SMA, SMK, sarjana dan pascasarjana.

Baca juga: Indonesia Jajaki Modernisasi Proses Pembuatan Makanan Tradisional dari Taiwan

“Kali ini, pameran pendidikan akan digelar di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Adapun pameran pendidikan dimulai pada tanggal 12 Agustus di Jakarta, pada 13 - 14 Agustus di Pekanbaru dan pada 16 - 17 Agustus di Medan,” Simon Hu  selaku Ketua ICATI Jakarta dalam konferensi pers di Yun Artified Conference Hall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Jumat (4/8)

Ia menambahkan,“ Pameran mulai digelar di Jakarta Sabtu, 12 Agustus 2023, di Pullman Central Park Hotel – The Ballroom  Podomoro City, Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat."

Opening Ceremony akan dilangsungkan pukul 09:30 – 10:00 WIB, dilanjutkan penandatanganan MoU antara Universitas Taiwan dengan 8 SMA di Jakarta pada pukul 10:30 – 12.00 WIB.

Keseluruhan jalannnya pameran dilangsungkan mulai pukul 09:00 hingga 18:00 WIB. Pihak ICATI Jakarta juga sudah melakukan promosi ke 400 sekolah2 di Jabodetabek dan Bandung.

Baca juga: Ajak Masyarakat, Taiwan Excellence Happy Run 2023 Segera Digelar

Kemudian di Pekanbaru digelar di Novotel Hotel, pada 13-14 Agustus 2023, dan di Medan digelar di Grand Mercure Hotel, pada 16 – 17 Agustus 2023.

Tingkatkan Kerja Sama Indonesia dan Taiwan

“Sementara ICATI cabang Riau sendiri, sejauh ini, telah melakukan upaya meningkatkan kerja sama antara sekolah di Riau dengan universitas di Taiwan pada beberapa tahun terakhir, membantu banyak siswa kurang mampu mendapatkan beasiswa kuliah ke Taiwan,” urai Simon Hu.

Ketua Umum ICATI Ijoh Dulong  menambahkan bahwa dalam pameran 2023 THEFI  akan dihadiri sebanyak 46 perguruan tinggi Taiwan dan UECFOCS (University Entrance Committee for Overseas Chinese Students) – yang merupakan co-organizer THEFI di Taiwan – dengan jumlah delegasi 108 orang.

Mulai dari rektor, wakil rektor, direktur dan staf departemen hubungan internasional akan berpartisipasi pada 2023 THEFI.

“Dalam tiga kota yang kami datangi nanti, selain memperkenalkan perguruan tinggi masing-masing, mereka juga akan mengeksplorasi kesempatan kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak dengan perguruan tinggi, sekolah menengah umum dan kejuruan Indonesia,” kata Ijoh Dulong.  

Baca juga: Taiwan Tawarkan Transportasi dan Pengolahan Air Mutakhir untuk IKN

Pada 2023 THEFI, masih Ijoh Dulong, juga akan diadakan acara penandatanganan MoU, antara beberapa perguruan tinggi Taiwan dengan sekolah menengah umum maupun kejuruan asal Indonesia.

Tim ICATI pun juga proaktif untuk mempromosikan 2023 THEFI dengan mengunjungi sekolah-sekolah berpotensi, yaitu sekitar 400 sekolah di wilayah Jakarta, 100 di wilayah Pekanbaru dan 200 di wilayah Medan.

“Adapun target pengunjung 2023 THEFI ini ialah pendidik, pelajar dan orang tua dari ratusan sekolah di Indonesia. Diperkirakan, Jakarta dikunjungi minimal 6.000 orang, Pekan Baru 3.000 dan Medan 4.000,” Sudjadi Mulia selaku Ketua Umum Panitia 2023 THEFI.

Menurut Sudjadi,banyak perguruan tinggi Taiwan ideal menjadi pelabuhan anak muda atau pelajar Indonesia yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Karena mempunyai reputasi tinggi yang diakui secara internasional, misalnya pada bidang akademik sains dan teknologi, kedokteran, teknik, pertanian dan lain lain," jelasnya.

Selain itu, di Taiwan juga biaya kuliah maupun hidup relatif lebih rendah daripada di banyak negara lain.

Tak hanya itu, Taiwan juga menawarkan berbagai macam beasiswa dan kesempatan magang kepada pelajar asing.

Bisa Manfaatkan Beasiswa

Guru sekolah Indonesia juga dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Taiwan untuk meng-upgrade diri dengan mengambil program master dan doctoral di Taiwan.

Baca juga: Taiwan dan Indonesia Jajaki Kolaborasi Industri Kesehatan di Tanah Air

Sementara itu Direktur TETO Grace Ou mengungkapkan, sejak tahun 2018 hingga tahun 2022 pelajar asing yang melanjutkan studinya di Taiwan mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 28%.

“Untuk pelajar dari Indonesia yang melanjutkan studinya ke Taiwan pada tahun 2022 sebanyak 16.639 orang. Dan pelajar Indonesia berada pada urutan kedua dari total pelajar asing yang studi di Taiwan,” jelasnya

Maka dari itu, menurut Simon Hu, 2023 THEFI adalah momen yang sangat berharga untuk mengenal lebih jauh akan perguruan tinggi di Taiwan.

"ICATI percaya bahwa pameran pendidikan tinggi Taiwan pada tahun 2023 ini akan membawa manfaat besar bagi perguruan tinggi, sekolah dan pelajar Indonesia," kata Simon. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat